Breaking News:

Jalan Layang Kereta Api Kualanamu

Wagub Ijeck Minta ke Menhub agar Jalur Kereta Api Medan-Delitua-Pancurbatu Diaktifkan

Wagub berharap jalur kereta api di wilayah padat penduduk itu diaktifkan lagi.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Liston Damanik
Tribun Medan/Alija Magribi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperhatikan foto-foto jalur layang kereta api Medan-Kualanamu di Stasiun Kereta Api Medan, Sabtu (4/1/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com-Wakil Gubernur Musa Rajeckshah meminta jalur kereta api Pusat Kota Medan-Delitua-Pancurbatu diaktifkan kembali.

Permintaan itu ia sampaikan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang berkunjung ke Medan dalam agenda Kunker dan Diskusi Panel dengan Stakeholder Perkeretaapian di Stasiun Kereta Api Medan, Sabtu (4/1/2020) pagi.

Pria yang akrab disapa Ijeck ini mengatakan adanya jalur layang kereta api semakin mendorong pertumbuhan transportasi umum di kawasan Mebidangro (Medan-Binjai-Deliserdang-Karo).

"Saat ini memang kita sangat terbantu dengan adanya kereta api. Dengan adanya jalan layang waktunya sudah lebih singkat," ujar Ijeck.

Ijek melanjutkan Kereta Api Pematansiantar-Parapat yang sedang dilaksanakan sangat membantu.

"Kami juga berharap jalur kereta api yang sudah ada, namun tidak aktif untuk diaktifkan kembali seperti Medan-Delitua-Pancurbatu. Karena memang wilayah tersebut padat penduduk. Kalau ini dibuka kembali tentu sangat terbantu," katanya.

Ijeck juga meminta gerbong-gerbong Kereta Api jalur Medan - Rantauprapat juga dimodernisasi, mengingat banyaknya warga yang memanfaatkan moda transportasi dari Rantauprapat ke Medan maupun sebaliknya.

Selain itu, mewakili Pemerintah Provinsi Sumut yang akan mempersiapkan event PON 2024, Ijeck memaparkan pentingnya moda transportasi umum kereta api untuk menunjang terlaksananya event olahraga terbesar se Antero nasional itu.

"Kita juga berencana untuk membangun LRT dan BRT. Ada investor dari Korea. Dan kita mendapatkan akses bangunan untuk stasiun di Pinangbaru dan Amplas. Karena memang 2024 kita jadi tuan rumah PON. Hadirnya PON tentunya sejalan dengan pembangunan fasilitas angkutan umum untuk bisa mendukung kegiatan PON 2024," katanya.

Menanggapi hal ini, Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan akan menginventarisasi kembali aset kereta api. Terkait permintaan Ijeck untuk mengaktifkan kembali jalur kereta api, ia mengaku perlu diskusi kembali.

"Kami ingin Jalan Layang ini diteruskan ke arah Binjai. Ada ide ke Delitua dan Pancurbatu akan kita pelajari lebih lanjut," ujar Budi.

Kunjungan kerja Menteri Perhubungan ini digelar dengan laporan aktifnya Jalan Layang Kereta Api Medan-Kualanamu oleh Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI.

(cr15/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved