Sumut Target Sumbang 20 Emas Bagi Indonesia di ASEAN Para Games 2020

Misi besar kembali diusung pengurus National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara di ajang ASEAN Para Games (APG) 2020.

Sumut Target Sumbang 20 Emas Bagi Indonesia di ASEAN Para Games 2020
Tribun-Medan.com/Chandra Simarmata
Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting (dua kiri) bersama tiga petenis meja yang tengah menjalani pelatnas Asean Para Games 2020 di Solo yakni Susilawati, Sofyan, Bahder Johan (kiri) 

Sumut Target Sumbang 20 Emas Bagi Indonesia di ASEAN Para Games 2020

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Misi besar kembali diusung pengurus National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara dalam keikutsertaan atletnya membela Merah Putih pada ASEAN Para Games (APG) 2020 di Filipina, 20-28 Maret mendatang.

Selain tekad ingin membawa Indonesia kembali mempertahankan juara umum seperti APG 2017 Malaysia, atlet Sumut juga diharapkan bisa meningkatkan raihan jumlah medali dari sebelumnya.

Ketua NPC Sumut Alan Sastra Ginting mengatakan, pengurus tidak terlalu membebankan para atlet Sumatera Utara dengan medali emas.

Namun, atlet lempar cakram ini optimistis para patriot olahraga difabel asal Sumut bisa menorehkan medali lebih baik dari sebelumnya.

Jika pada APG 2017 Sumut mampu menyumbangkan 16 keping emas, Alan optimis tahun ini bisa meningkat menjadi 20 emas.

"Prediksi medali kita gak muluk-muluk. Dari yang 2017 kemarin itu kita dapat ada 16 medali emas. Tahun ini mudah-mudahan bisa tembus jadi 20 emas," ujarnya, Senin (6/1/2020).

Optimisme Alan dalam mewujudkan target tersebut bukan tanpa alasan.

Pada APG 2017 lalu Sumut yang turut menyumbangkan 17 atlet bergabung ke pelatnas mampu mendulang 16 emas.

Sedangkan untuk tahun ini atlet Sumut yang mengikuti program pelatnas meningkat menjadi 24 atlet.

Selain itu, skuat Sumut tahun ini juga merupakan perpaduan atlet muda potensial yang sudah memberikan kejutan dengan mampu menembus pelatnas untuk pertama kalinya.

Hal ini menurut Alan tentu menunjukkan bahwa regenerasi atlet Sumut berjalan baik. Karena itu peluang menyumbang lebih banyak medali emas tentu lebih besar.

"Kalau target kami dari awal saya sudah prediksi dari tahun 2017 ke 2019, kita mau tingkatkan jumlah atlet kita ke pelatnas. Kalau 2017 itu kita kan ada 17 atlet yang perkuat Indonesia. Sekarang kita naikkan jadi 24 atlet. Apalagi kita ditambah dengan atlet yang pertama kali ikut seleknas langsung lolos dan banyak usia muda," kata Alan.

(Cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved