Sejumlah Warga Unjuk Rasa Tolak Pelantikan Kades Terpilih di Samosir

Pelantikan kepala desa se-Kabupaten Samosir diwarnai aksi unjuk rasa oleh sejumlah warga Desa Cinta Maju Tamba, Kecamatan Sitio-tio,

Sejumlah Warga Unjuk Rasa Tolak Pelantikan Kades Terpilih di Samosir
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Sejumlah warga Desa Cinta Maju Tamba, Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir berunjuk rasa menolak kepala desa terpilih karena dianggap pernah terjerat hukum, Selasa (7/1/2020). 

Sejumlah Warga Unjuk Rasa Tolak Pelantikan Kades Terpilih di Samosir

TRIBUN-MEDAN.COM SAMOSIR - Pelantikan kepala desa se-Kabupaten Samosir diwarnai aksi unjuk rasa oleh sejumlah warga Desa Cinta Maju Tamba, Kecamatan Sitio-tio, di Gedung AE Manihuruk, Pangururan, Samosir, Selasa (7/1/2020).

Seorang warga bernama Oscar Tamba dalam orasinya menyebutkan Kepala Desa Cinta Maju Tamba terpilih Galugur Tamba pernah terjerat hukum.

"Kami menolak pelantikan kepala desa di sana, karena cacat hukum. Kita menolak pemimpin yang terlibat Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN). Kalau sudah pernah masuk penjara, jangan kita pilih jadi pemimpin," ujarnya.

Amatan Tribun-Medan.com, para warga yang berunjuk rasa membentangkan spanduk bertuliskan "Apakah ada aturan yang mengatur dikeluarkannya SKCK bagi yang sudah terpidana korupsi??". Pada pelantikan tersebut aparat pun berjaga-jaga di sekitar gedung.

Menurut Oscar, Galugur pernah menjadi tahanan atas kasus korupsi. Galugur diputuskan bersalah di Pengadilan Tipikor pada PN Medan, terkait kasus pemalsuan berkas-berkas pendaftaran kepala desa.

Sementara itu, Galugur Tamba Kepala Deda Cinta Maju Tamba terpilih diwawancarai media menyampaikan telah menerima ganjaran hukum terkait kasus korupsi yang membelitnya.

Selain itu, ia menegaskan sudah mengikuti berbagai tahapan hingga menjadi kepala desa terpilih di Desa Cinta Maju Tamba.

"Semua sudah lalui berdasarkan prosedur hukum. Kalau soal itu saya sudah menjalani hukum juga," ujar Galugur. (Jun-tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved