Bersiap Hadapi Kejurnas 2020, PPLP Sumut Persiapkan Atlet Mulai Awal Tahun

Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) atau UPT Kebakatan Olahraga Sumatera Utara kembali mempersiapkan atlet-atletnya untuk menghadapi Kejurnas

Bersiap Hadapi Kejurnas 2020, PPLP Sumut Persiapkan Atlet Mulai Awal Tahun
Tribun Medan / Chandra
Kepala Unit Pelaksana Teknis Kebakatan Olahraga (UPT KO/PPLP) Sumut, Dahliana (empat kiri) bersama pelatih dan 6 atlet yang berlaga di kejurnas di Banda Aceh, 5-9 Agustus 2019. 

Bersiap Hadapi Kejurnas 2020, PPLP Sumut Persiapkan Atlet Mulai Awal Tahun

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) atau UPT Kebakatan Olahraga Sumatera Utara kembali mempersiapkan atlet-atletnya untuk menghadapi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) antar PPLP/PPLPD dan SKO tahun 2020.

Kepala UPT Kebakatan Olahraga Sumut, Dahliana, mengatakan untuk tahun ini 10 cabang olahraga binaan yang ada di PPLP akan kembali dipertandingkan di kejurnas.

Meski kalender resmi seluruh jadwal kejurnas sepanjang tahun 2020 belum dikeluarkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), namun pihaknya sudah memulai persiapan umum mulai awal tahun 2020.

Adapun 10 cabang olahraga yang menjadi binaan PPLP Sumut saat ini adalah Atletik, Sepakbola, Taekewondo, Karate, Wushu, Judo, Gulat, Pencak Silat, angkat besi, dan Bola Voli.

"Anak-anak juga sudah kembali dari libur dan kita persiapkan mulai awal tahun. Berkaca dari tahun lalu, cabor atletik kejurnas di bulan April. Biasa berurutan nanti. Kita juga masih tunggu jadwal semua cabor dari Kemenpora RI," ujarnya, Kamis (9/1/2020) sore.

Dahliana mengatakan sebagai tahap awal para atlet pelajar PPLP Sumut sudah mulai menjalani program latihan rutin di bawah asuhan pelatih cabornya masing-masing. Selama persiapan awal, para atlet akan kembali dibenahi kualitas fisik dan tekniknya.

"Sudah, para atlet sudah mulai latihan. Untuk tahun ini Sumut juga tidak ada mengusulkan jadi tuan rumah penyelenggaraan kejurnas antar PPLP. Jadi kita harus bersiap berlaga," terangnya.

Lebih lanjut kata Dahliana, Pengurus PPLP bersama para pelatih saat ini juga tengah melakukan evaluasi terhadap para atlet seluruh cabor. Nantinya dari hasil evaluasi itu akan dilakukan pencoretan atau degradasi terhadap atlet yang dinilai kualitasnya menurun jauh.

Dia menambahkan sudah ada beberapa cabor yang atletnya diusulkan dilakukan degradasi.

"Awal tahun ini, saya juga lagi evaluasi bersama pelatih. Mana-mana atletnya yang tidak layak lagi di PPLP karena tidak ada peningkatan prestasi akan didegradasi," katanya.

Dahliana berharap mulai awal tahun ini, para atlet harus lebih bergiat berlatih. Apalagi tahun ini akan banyak kejurnas yang digelar.

"Mereka akan terus dipersiapkan. Harapnnya mereka juga makin giat latihan," pungkasnya.

(Cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved