Sidang Kasus Suap Eldin

Sekretaris Disdik Beber Aliran Uang Rp 100 Juta ke Wali Kota Dzulmi Eldin Melalui Kasubag Protokoler

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan, Abdul Johan, membeberkan aliran uang kepada Wali Kota Dzulmi Eldin.

Tribun Medan/Victory Hutauruk
Sembilan orang saksi bersaksi dalam kasus suap dan proyek dengan terdakwa Kadis PU Kota Medan Isa Ansyari di Pengadilan Tipikor Medan, Kamis (9/1/2020). 

  Sekretaris Disdik Akui Beri Uang Rp 100 Juta ke Wali Kota Dzulmi Eldin Melalui Kasubag Protokoler

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan, Abdul Johan, membeberkan aliran uang kepada Wali Kota Dzulmi Eldin.

Johan mengaku pernah memberikan uang senilai Rp 100 juta usai diminta Kasubag Protokoler Syamsul Fitri, atas permintaan Wali Kota Dzulmi Eldin.

Aliran uang itu terungkap di persidangan kasus proyek dan suap dengan terdakwa Kadis PU Kota Medan Isa Ansyari, di Pengadilan Tipikor Medan, Kamis (9/1/2020) .

"Syamsul Fitri sebut Pak Wali (Dzulmi Eldin) mau berangkat ke Jakarta, tolong bantu. Itu karena loyalitas saya itu pada bulan Juli, sebelum terjadinya OTT," kata Abdul Johan.

Dalam persidangan kali ini Jaksa KPK menghadirkan sembilan orang saksi. Mereka adalah Wali Kota nonaktif Medan Dzulmi Eldin, Asisten Pemerintahan (Aspem) Musadat Nasution, Staf Protokoler Sultan Solahudin dan Uli Artha Simanjuntak

Lalu mantan Kadis Pendidikan Hasan Basri, Sekretaris Dinas Pendidikan Abdul Johan, Kasi Pemeliharaan Dinas PU Fikri Handi Harahap. Bendahara Pengeluaran Sekda Pemko Medan Ade Irmayani, dan Vincent dari pihak Erni Tour Guide.

Majelis hakim kemudian mencecar Johan terkait perintah Wali Kota dalam permintaan uang tersebut. “Dari mana tahu itu atas perintah Wali Kota,” tanya hakim.

"Karena perasaan saya, yang saya tahu karena si Syamsul Fitri sering sama pak Wali," jawab Johan.

Hakim kemudian mempertanyakan asal uang Rp 100 juta yang diberikan kepada Wali Kota Dzulmi Eldin.

Halaman
12
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved