Polrestabes Medan Gelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana, Ini Kesimpulannya

Rapat koordinasi ini menghasilkan beberapa kesimpulan untuk penanggulangan bencana, terutama banjir ke depannya.

Polrestabes Medan Gelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana, Ini Kesimpulannya
Dok. Humas Pemkot Medan
Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana oleh Polrestabes Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com - Polrestabes Medan menggelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana di Wilayah Hukum Polrestabes Medan di Rupatama Polrestabes Medan, Kamis (9/1/2020).

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Edizzon Isir memimpin rapat yang bertujuan untuk membangun koordinasi semua elemen pemerintahan dengan dukungan penuh TNI dan Polri dalam menanggulangi bencana di wilayah hukum Polrestabes Medan, termasuk Deli Serdang.

Ia berharap para peserta rapat dapat memberi masukan sebagai upaya brainstorming bahan pembentukan kerangka manajemen penanggulangan bencana secara secara komprehensif.

“Penanganan banjir tidak bisa dilakukan short time melainkan long time,” kata Jhonny dalam keterangan tertulis.

Ia melanjutkan, manajemen penanggulangan bencana secara komprehensif akan menyiapkan semua pihak saat menghadapi dan memberi bantuan kepada masyarakat yang tertimpa bencana.

Kecamatan rawan bencana di Kota Medan

Dalam rapat itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring yang mewakili Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengatakan, 15 kecamatan di Kota Medan rawan bencana, terutama banjir.

“15 kecamatan itu dilintasi lima sungai besar, yakni Sungai Deli, Babura, Denai, Belawan, dan Sei Sikambing. Banjir yang selama ini terjadi hanya 12 dan 24 jam saja,” kata Arjuna.

Namun, imbuh dia, banjir di Kecamatan Medan Belawan bisa lebih dari 12 atau 24 jam karena disebabkan banjir rob.

“Umumnya bencana yang terjadi di Kota Medan hanya dua jenis , yakni banjir dan angin puting beliung,” imbuh Kepala BPBD Kota Medan.

Halaman
1234
Penulis: penulis.kilaskgmedia
Editor: Kilas KG Media
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved