Kader PDIP Harun Masiku Buron KPK, hingga Respons Sekjen Hasto soal Suap Komisioner KPU RI

Tiga hari setelah KPK mengumumkan Harun sebagai tersangka, ia tak kunjung menyerahkan diri ke KPK.

Kader PDIP Harun Masiku Buron KPK, hingga Respons Sekjen Hasto soal Suap Komisioner KPU RI
KPU.go.id
Foto politikus PDIP Harun Masiku semasa masih menjadi anggota Partai Demokrat. Harun kini menjadi buronan KPK. 

Kader PDIP Harun Masiku Buron KPK, hingga Respons Sekjen Hasto soal Suap Wahyu Setiawan

Politikus PDIP yang ditetapkan sebagai tersangka penyuap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Wahyu Setiawan, Harun Masiku masih buron hingga saat ini. 

Tiga hari setelah KPK mengumumkan Harun sebagai tersangka, ia tak kunjung menyerahkan diri ke KPK. 

Diketahui pada Kamis (9/1/2020), KPK menetapkan empat tersangka dari hasil Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Rabu (8/1/2020) yakni Wahyu Setiawan (Komisoner KPU), Agustiani Tio Fridelina (mantan anggota Bawaslu sekaligus orang kepercayaan Wahyu), Harun Masiku (Politikus PDIP) dan Saeful (pihak swasta). 

Petugas saat menunjukkan barang bukti disaksikan oleh Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman saat mengelar konferensi pers terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisioner KPU di Gedung KPK, Jakarta Selatan (9/1/2019). Pada konferensi pers tersebut KPK menetapkan 4 orang tersangka yaitu WSE, ATF, HAR dan SAE sekaligus Meminta kepada tersangka HAR untuk segera menyerahkan diri. Tribunnews/Jeprima
Petugas saat menunjukkan barang bukti disaksikan oleh Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman saat mengelar konferensi pers terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisioner KPU di Gedung KPK, Jakarta Selatan (9/1/2019). 

Wahyu dan Agustiani diduga sebagai penerima suap.

Dalam kasus ini, Harun diduga menyuap Wahyu Setiawan agar dirinya bisa ditetapkan sebagai anggota DPR RI melalui mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW). 

Berikut fakta tentang Harun Masuki beserta statusnya yang masih buron hingga saat ini: 

1. Sekjen PDIP Mengaku Tak Tahu Keberadaan Harun Masiku

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/1/2020).
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/1/2020). (Tribunnews.com/ Chaerul Umam)

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ( PDI-P) Hasto Kristiyanto menyatakan tidak mengetahui keberadaan Harun meski Harun adalah kader partainya.

"Kalau Harun (Masiku) ini kita tidak tahu khususnya di mana," ujarnya saat ditemui di acara Rakernas dan HUT PDI-P ke-47 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/202) seperti dikutip dari WartaKotalive

Halaman
1234
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved