Panahan Bakal Masuk Binaan PPLP, Ini Kata Sekum Perpani Sumut, Rahmat Purba

Cabang olahraga panahan kabarnya bakal kembali masuk menjadi salah satu cabor binaan di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP)

Panahan Bakal Masuk Binaan PPLP, Ini Kata Sekum Perpani Sumut, Rahmat Purba
Tribun-Medan.com/Chandra Simarmata
Sekretaris Umum Persatuan Panahan Indonesia Sumut, Rahmat Purba (kiri) Bersama Ketua umum Pengprov Perpani Papua, Hengki. 

Panahan Bakal Masuk Binaan PPLP, Ini Kata Sekum Perpani Sumut, Rahmat Purba

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Cabang olahraga panahan kabarnya bakal kembali masuk menjadi salah satu cabor binaan di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) atau UPT Kebakatan Olahraga provinsi Sumatera Utara mulai tahun 2020. Rencana ini, sebelumnya diungkapkan oleh Kepala UPT Kebakatan Olahraga Sumut, Dahliana.

Menanggapi kabar itu, Sekretaris Umum Persatuan Panahan Indonesia (Sekum Perpani) Sumut, Rahmat Purba menyambut baik rencana tersebut. Apalagi sudah tujuh tahun cabor panahan tak masuk binaan PPLP Sumut setelah sebelumnya dihapus (terdegradasi) pada tahun 2013 karena dinilai minim prestasi.

"Secara resmi Pengprov Perpani Sumut nanti juga akan meminta pada Dispora Sumut. Jika nanti resmi dibina kembali maka luar biasa (senangnya) itu," ujarnya, Minggu (12/1/2020).

Rahmat menuturkan, rencana bakal kembali masuknya cabor panahan dalam binaan PPLP Sumut bukan tanpa sebab. Menurutnya Dispora Sumatera Utara khususnya Kadispora tentu melihat berdasarkan pertimbangan prestasi yang dihasilkan oleh atlet panahan Sumut.

Sebelumnya, Perpani Sumut memang mulai mampu menunjukkan tajinya di sejumlah ajang bergengsi. Atletnya mampu menorehkan prestasi di dua ajang yakni kejurnas dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019. Selain itu, panahan juga mampu meloloskan satu atletnya berlaga di ajang PON Papua 2020.

"Semuanya karena kita (pengprov Perpani) berbuat dan bekerja. Dengan prestasi saat ini rasanya gak ada yang keberatan panahan masuk PPLP. Panahan sudah mantap itu kata orang-orang," ungkapnya.

Lebih lanjut, jika nantinya cabor panahan kembali dibina di PPLP, menurut Rahmat akan berdampak positif dalam pembinaan atlet pelajar di Sumut khususnya untuk persiapan jangka panjang menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Apalagi di tahun ini Sumut akan menjadi tuan rumah bersama Aceh.

Karena itu, dia mengatakan Perpani Sumut harus bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menggenjot pembinaan. Semua tujuan utamanya tentu untuk prestasi atlet panahan Sumut di berbagai ajang bergengsi tingkat nasional termasuk gelaran Mukti event PON. Dia pun mendorong para atlet pelajar untuk berlomba nantinya lolos seleksi masuk untuk dibina di PPLP Sumut.

"Cuma yang penting kembali masuk berarti karena panahan bisa, bukan ayam sayur. Untuk PON 2024 sudah pas lah itu. Semoga nantinya Disporasu bisa terus bekerjasama dengan pengprov Perpani," pungkasnya.

(Cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved