Mendikbud Nadiem Makarim Angkat Bicara Tentang Soal SKD CPNS

Mendikbud Nadiem Makarim angkat bicara tentang soal seleksi kompetensi dasar (SKD) dalam seleksi penerimaan CPNS.

Kolase TribunJabar.id (Istimewa dan Kompas.com)
Ilustrasi 

Mendikbud Nadiem Makarim Angkat Bicara Tentang Soal SKD CPNS

TRIBUN-MEDAN.com - Mendikbud Nadiem Makarim angkat bicara tentang soal seleksi kompetensi dasar (SKD) dalam seleksi penerimaan CPNS

Ia mengatakan, Kemendikbud kembali dipercaya menyusun soal SKD CPNS. Soal SKD telah diserahkan Nadiem Makarim kepada Menpan RB selaku Ketua Tim Pengarah untuk selanjutnya dapat digunakan dalam Seleksi Pengadaan CPNS Tahun 2020 di lingkungan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, turut hadir menyaksikan acara serah terima soal SKD CPNS 2019 yang berlangsung di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Ia menuturkan dengan diserahkan soal SKD CPNS 2019 ke Panselnas, selanjutnya Tim Panselnas akan memasukkan soal tersebut ke dalam sistem seleksi CPNS.

“Harus dilakukan dalam proses kehati-hatian dan jaminan kerahasiaan serta keamanan data, itu jadi komitmen kita bersama. Kita berharap semua pihak dapat terus mengawal kelancaran dan keamanan dari seluruh tahapan (seleksi) yang ada,” tutur Menpan RB, Tjahjo Kumolo dilansir dari rilis resmi.

Tjahjo Kumolo mengatakan, berdasarkan data BKN, ada 4.197.218 calon peserta seleksi CPNS yang telah melakukan pendaftaran.

Dari jumlah tersebut, sekitar 3 juta orang dinyatakan telah lolos verifikasi administrasi dan akan diseleksi untuk memperebutkan 154.029 formasi.

Formasi tersebut berada di instansi pusat dengan jumlah 37.584 formasi dan sebanyak 116.445 formasi berada di instansi daerah.

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan penyusunan soal SKD tahun 2019 dilaksanakan melalui beberapa tahapan dan dengan melibatkan berbagai pihak. Proses pembuatan soal SKD melibatkan Kemenpan RB, BKN, dan BPPT.

Halaman
1234
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved