Desa Wisata Kampoeng Lama Gelar Pesta Rakyat, Ada Karnaval Budaya dan

Pesta Rakyat digelar untuk mempromosikan Desa Wisata Kampoeng Lama di Kecamatan Pantai Labu, Deliserdang, Selasa (14/1/2020).

Desa Wisata Kampoeng Lama Gelar Pesta Rakyat, Ada Karnaval Budaya dan
Tribun Medan/Kartika Sari
Suasana Pesta Rakyat yang diadakan oleh se-kecamatan Pantai Labu untuk meningkatkan potensi pariwisata, Selasa (14/1/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pesta Rakyat digelar untuk mempromosikan Desa Wisata Kampoeng Lama di Kecamatan Pantai Labu, Deliserdang, Selasa (14/1/2020).

Pesta Rakyat Desa Wisata Kampoeng Lama ini diselenggarakan pada 14-19 Januari 2020 dengan menampilkan beragam pagelaran seni seperti karnaval budaya, lomba tari kreasi melayu, pesta literasi, lomba permainan tradisional, dan pasar malam.

Kepala Bina Pemasaran Pariwisata Sumut, Muchlis menuturkan pesta rakyat ini sebagai bentuk dalam meningkatkan nilai seni budaya yang akan berdampak kepada desa.

"Melalui kegiatan ini, kreativitas masyarakat akan dikembangkan. Kami yakin desa ini sangat mencintai dan melestarikan seni budaya indonesia khususnya deli serdang. melalui pesta rakyat ini akan tetap menjunjung tinggi nilai toleransi dan harmonisasi yang dinamis dan siap berinteraksi sehingga para wisatawan akan kagum dengan potensi wisata ini," ujar Muchlis.

Wakil Bupati Deliserdang Ali Yusuf Siregar juga kagum dengan besarnya potensi budaya yang ada di Desa Denai Lama. Ia menuturkan bahwa Pesta Rakyat seperti ini sangat bagus untuk mempromosikan nilai pariwisata yang ada di Kecamatan Pantai Labu.

"Kami sangat berharap Pesta Rakyat dapat menjadi kalender tahunan. Sengaja bawa beberapa kepala dinas untuk berkoordinasi dan konsultasi apa yang harus dibangun selain pariwisata disini. Saya melihat dari tarian kalau seandainya tinggal di Jakarta mereka sudah tampil di tv, dilihat dari gerakannya, penampilannya. Desanya luar biasa, berkaitan dengan pariwisata," ujar Ali.

Selain mengadakan Pembukaan pesta rakyat, Desa Denai Lama ini juga turut meresmikan Gedung Sanggar Seni dan Taman Baca Masyarakat. Bantuan ini diberikan oleh Angkasapura II senilai Rp509 juta rupiah.

General Manager Kualanamu, Bayu Iswantoro, menuturkan bahwa bantuan ini sebagai bentuk kepedulian Angkasapura dalam mengembangkan pariwisata di Desa Denai Lama.

Kegiatan pada hari pertama dimulai dengan adanya Parade Budaya dengan menampilkan ragam tradisi suku yang ada di Indonesia dari anak-anak Desa Denai Lama yang akan berlangsung hingga hari minggu ini.

Hari kedua akan dilanjutkan dengan pesta literasi dan lomba tari tradisional yang kemudian akan dilanjutkan dengan lomba permainan tradisional yang sudah sangat jarang dilaksanakan di era modern ini. (cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved