Pastikan Dana Jasa Pelayanan Tepat Sasaran, Pemkot Medan Lakukan Pendataan

Nama penerima dana jasa pelayanan di SK, akan diverifikasi dengan database Disdukcapil.

Pastikan Dana Jasa Pelayanan Tepat Sasaran, Pemkot Medan Lakukan Pendataan
DOK. Humas Pemerintah Kota Medan
Rapat Persiapan Pelaksanan Pendataan Dalam Rangka Pemberian Dana Jasa Pelayanan Kepada Warga Pelayan Masyarakat Kota Medan, di Ruang rapat III Balai Kota Medan, Selasa (14/1/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pada 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan melalu Bagian Sosial dan Pendidikan (Sospen) Setdako Medan, akan kembali mendata penerima bantuan dana jasa pelayanan.

Pendataan diharap membuat penyaluran dana jasa pelayanan benar-benar tepat sasaran.

Pendataan akan memastikan apakah penerima dana jasa masih berhak menerima atau sudah beralih profesi, serta menghindari data ganda dan adanya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menerima bantuan dana sosial.

Hal tersebut terungkap saat Rapat Persiapan Pelaksanan Pendataan Dalam Rangka Pemberian Dana Jasa Pelayanan Kepada Warga Pelayan Masyarakat Kota Medan, di Ruang rapat III Balai Kota Medan, Selasa (14/1/2020).

Kabag Sospen Setdako Medan Khoiruddin Rangkuti menyatakan, terdapat beberapa warga pelayan masyarakat yang berhak menerima dana jasa pelayanan.

Dari agama Islam, yang berhak adalah guru Magrib Mengaji, MDTA, TPA, ustad/ustadzah, khatib Jumat, nazir masjid dan musala, serta bilal jenazah dan penggali kubur.

Dari agama Kristen Protestan/Khatolik meliputi guru sekolah minggu, serta penatua dan pengurus gereja.

Sementara itu, dari agama Hindu adalah penjaga kuil, dan dari agama Buddha adalah penjaga Cihara.

Menurut Kepala Disdukcapil Kota Medan Zulkarnain, validasi data dapat dilakukan dengan memanfaatkan data base kependudukan melalui sistem single indentity number (sistem pencatatan tunggal).

Zulkarnain menambahkan, sistem single indentity number rutin telah dimutakhirkan sehingga data kependudukan yang dimiliki benar-benar valid.

Halaman
12
Tags
Kota Medan
Penulis: penulis.kilaskgmedia
Editor: Kilas KG Media
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved