Pemkot Medan Usulkan Ranperda untuk Perbaiki Pengarsipan

Pemkot Medan mengusulkan Ranperda untuk perbaikan pengelolaan pengarsipan kepada DPRD Medan.

Pemkot Medan Usulkan Ranperda untuk Perbaiki Pengarsipan
Dok. Humas Pemkot Medan
Sekda Wiriya dalam Rapat Paripurna DPRD Medan dengan acara Penyampaian Nota Pengantar Wali Kota Medan terhadap Ranperda Kota Medan tentang Penyelenggaraan Kearsipan di Gedung DPRD Medan, Senin (13/1/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution diwakili Sekda Wiriya Alrahman mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan mengusulkan rancangan peraturan daerah (ranperda) Kota Medan untuk terjaminnya penyelenggaraan kearsipan.

“Dengan harapan dapat menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan tepercaya sebagai alat bukti yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Wiriya dalam keterangan tertulis.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Medan dengan acara Penyampaian Nota Pengantar Wali Kota Medan terhadap Ranperda Kota Medan tentang Penyelenggaraan Kearsipan di Gedung DPRD Medan, Senin (13/1/2020).

Wiriya melanjutkan, arsip merupakan identitas dan jati diri suatu bangsa dan daerah yang berperan penting dalam mempertahankan kedaulatan serta keutuhan negara.

“Termasuk mewujudkan suatu bangsa yang besar serta masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera,” imbuh dia.

Apalagi, lanjut Wiriya, penyelenggaraan kearsipan bertujuan untuk menjamin terwujudnya pengelolaan arsip yang andal dan pemanfaatan arsip sesuai ketentuan.

Selain itu, pengarsipan juga berfungsi menjamin perlindungan kepentingan negara dan hak-hak keperdataan rakyat melalui pengelolaan dan pemanfaatan arsip yang autentik dan tepercaya.

"Untuk itulah arsip harus dikelola, dipelihara, dan dijaga untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik serta pertanggungjawaban daerah secara komprehensif, terpadu, dan berkesinambungan," kata dia.

Harapan terhadap ranperda

Wiriya berharap ranperda tersebut dapat menjadi perda yang memberi stimulus baik dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Atas nama Pemkot Medan kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak, terutama DPRD Medan atas perhatiannya atas ranperda ini," ujar dia.

Usai menyampaikan nota pengantar, Wiriya pun menyerahkan dokumen nota pengantar kepada Ketua DPRD Medan Hasyim selaku pimpinan rapat.

Rapat selanjutnya diskors selama 10 menit untuk dilanjutkan dengan agenda rapat paripurna berikutnya.

Hadir dalam rapat tersebut beberapa tokoh, di antaranya pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Medan, camat se-Kota Medan, hingga para anggota dewan.

(Penulis: Inang / Editor: Anggara)

Penulis: penulis.kilaskgmedia
Editor: Kilas KG Media
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved