Tak Banyak yang Tahu, Begini Efek Buruk Sepeda Motor Jarang Pakai Standar Tengah saat Parkir

Service Advisor (SA) AHASS Raharjo Motor Banyuanyar, Solo Jawa Tengah Sarjono menjelaskan, bahwa di dalam standar tengah terdapat sebuah as.

Ari Purnomo
Penggunaan standar tengah lebih disarankan saat kendaraan parkir dalam waktu cukup lama. Hal ini karena standar tengah lebih seimbang dibandingkan dengan standar samping. 

Tak Banyak yang Tahu, Begini Efek Buruk Sepeda Motor Jarang Pakai Standar Tengah saat Parkir

TRIBUN-MEDAN.com - Selama ini para pemilik kendaraan roda dua lebih banyak menggunakan standar samping dibandingkan menggunakan yang tengah saat parkir.

Padahal, standar tengah lebih dianjurkan untuk digunakan saat parkir dalam jangka waktu lama.

Selain itu, menggunakan standar tengah juga bisa memperpanjang usia as pada standar tersebut. Jika jarang digunakan bisa berkarat dan mengalami kerusakan.

Dampak yang lebih parah adalah, standar tengah tidak bisa lagi digunakan dan harus dilakukan pergantian.

Service Advisor (SA) AHASS Raharjo Motor Banyuanyar, Solo Jawa Tengah Sarjono menjelaskan, bahwa di dalam standar tengah terdapat sebuah as.

Apabila standar tengah jarang digunakan maka kotoran as akan kotor dan bahkan bisa berkarat. Dalam kondisi tersebut, akan sulit untuk digerakkan bahkan bisa saja macet.

“Kalau standar tengah tidak pernah atau jarang digunakan, asnya juga bisa rusak karena berkarat. Sehingga, pemilik harus melakukan pergantian as standar tengah,” ujarnya kepada KOMPAS.com belum lama ini.

Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya.
Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya.(Ari Purnomo)

Menurutnya, kondisi ini sering terjadi pada sepeda motor milik konsumen yang melakukan servis di diler tersebut.

Dengan kondisi yang sudah rusak, mau tidak mau as pada standar tengah juga harus diganti dan itu juga memerlukan biaya tambahan untuk pergantian.

Halaman
12
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved