Tiga Juta Peserta Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi CPNS

Hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di sejumlah instansi telah diumumkan.

Via TribunStyle.com
Hasil seleksi administrasi CPNS 2019 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di sejumlah instansi telah diumumkan.

Dari total 4.433.029 yang mengisi formulir pendaftaran, sebanyak 3.364.867 peserta telah dinyatakan lulus verifikasi administrasi. Sedangkan 832.351 peserta dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

"Sudah selesai semua perhitungan seleksi administrasi ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono, melalui sambungan telepon genggam, Rabu (15/1/2020).

Setelah pengumuman hasil seleksi administrasi, para pelamar yang dinyatakan TMS diberikan waktu mengajukan sanggahan selama tiga hari.

Paryono mengatakan, mayoritas sanggahan yang diajukan pelamar terkait pengunggahan dokumen.

"Kebanyakan (kesalahan pelamar) salah unggah dokumen, dengan kata lain apa yang dipersyaratkan instansi tidak dipenuhi oleh pelamar," kata Paryono.

Dirinya menjelaskan, seluruh sanggahan yang berjumlah 272.639 telah dijawab oleh instansi dan lembaga kementerian masing-masing. Namun dari jumlah ratusan ribu orang menyanggah, sebanyak 28.254 orang yang sanggahannya memenuhi syarat.

"Artinya mereka akan lanjut untuk mengikuti tahap selanjutnya," katanya.

Selanjutnya, proses seleksi CPNS Tahun 2019 terdiri atas 3 tahap dengan sistem gugur. Di antaranya meliputi seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD) yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 40 persen.

Selanjutnya seleksi kompetensi bidang (SKB) dengan bobot 60 persen yang terdiri dari seleksi kompetensi teknis jabatan yang dilamar dengan menggunakan CAT dan bobot 50 persen. Selain itu, ada psikotes yang memiliki bobot 35 persen.

Paryono menambahkan, saat ini ada isu dan wacana yakni wawancara kompetensi manajerial dan sosial kultural serta terkait dengan paham radikalisme terhadap CPNS. Tahapan terakhir ini memiliki bobot penilaian hingga 15 persen.

(cr19/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved