Beri Sertifikat Organik, Pemkot Medan Harapkan Pemakaian Produk Organik Meningkat

Pemkot Medan Serahkan Sertifikat Organik kepada petani untuk mendorong meningkatnya ketersediaan produk organik

Beri Sertifikat Organik, Pemkot Medan Harapkan Pemakaian Produk Organik Meningkat
DOK. Humas Pemkot Medan
Pemkot Medan menyerahkan Sertifikat Organik Tahun Anggaran 2019 Kota Medan kepada Pengurus Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Tani Kreatif Kecamatan Medan Johor, Kamis (16/1/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menyerahkan Sertifikat Organik Tahun Anggaran 2019 Kota Medan kepada Pengurus Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Tani Kreatif Kecamatan Medan Johor, Kamis (16/1/2020).

Penyerahan tersebut diberikan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution diwakili Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan Ikhsar Rasyid Marbun di Jalan Eka Rasmi Gang Eka Rosa Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor.

Pada kesempatan itu, Ikhsar berharap, kelompok tani kreatif P4S dapat terus semangat menanam tanaman organik.

Dia juga berharap dengan adanya sertifikat ini masyarakat yakin dan percaya untuk membeli tanaman di tempat tersebut.

Adapun tanaman yang ditanam di tempat tersebut sebanyak 82 jenis tanaman organik, di antaranya tanaman daun mint, sawi, sawi pakcoy, kangkung, tomat cerry, kemangi, kenikir, kacang parang, labu kendi, labu palestin, gundur, jeruk nipis, daun ubi, daun katu dan lainnya.

Selain itu, Ikhsar juga mengatakan, minat masyarakat untuk menggunakan produk pertanian organik semakin meningkat.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan tren gaya hidup sehat di Kota Medan yang mulai mengerti akan dampak nehatif dari penggunaan bahan kimia.

"Seperti yang kita ketahui, harga produk pangan organik telatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk-produk pangan yang dibudayakan menggunakan teknik pertanian non organik," katanya seperti keterangan tertulisnya.

Maka dari itu, lanjutnya, fasilitasi sertifikasi organik ini pun bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk organik.

"Menyikapi hal tersebut, Pemkot Medan memberikan bantuan fasilitasi proses sertifikasi organik kepada kelompok tani yang ada di Kota Medan," ungkap Ikhsar.

Halaman
12
Penulis: penulis.kilaskgmedia
Editor: Kilas KG Media
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved