STMIK Mikroskil Kembangkan Aplikasi Presensi di SMA Panglima Polem Rantauprapat

Dengan sistem yang dikembangkan, sebagian besar pengelolaan data kehadiran dan ketidakhadiran siswa akan dilakukan komputer.

STMIK Mikroskil Kembangkan Aplikasi Presensi di SMA Panglima Polem Rantauprapat
DOK. STMIK Mikroskil
STMIK Mikroskil kembangkan aplikasi presensi siswa dan guru berbasis kartu tapping di SMA Panglima Polem Rantauprapat. 

TRIBUN-MEDAN.com – Setiap hari di awal jam pelajaran, guru akan mendata kehadiran dan ketidakhadiran siswa.

Kemudian setelah jam pelajaran usai, petugas yang berwenang akan merekapitulasi data kehadiran dan ketidakhadiran siswa berdasarkan laporan guru.

Kegiatan tersebut dilakukan setiap hari secara berulang (repetitif).

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, STMIK Mikroskil merasa sudah saatnya sekolah-sekolah mengembangkan sistem informasinya. Terutama untuk mempermudah presensi siswa.

Untuk itu, dosen-dosen Program Studi S-1 Teknik Informatika dan Sistem Informasi STMIK Mikroskil mengembangkan aplikasi presensi siswa dan guru berbasis kartu tapping, di SMA Panglima Polem Rantauprapat.

Pengembangan aplikasi itu penting, karena informasi presensi siswa sangat berguna untuk pengambilan kebijakandi tingkat kelas maupun sekolah, serta dapat digunakan untuk kepentingan pemberian bimbingan kepada siswa.

Dengan sistem yang dikembangkan, sebagian besar pengelolaan data kehadiran dan ketidakhadiran siswa akan dilakukan komputer sehingga diharapkan, kesalahan penghitungan rekapitulasi presensi tidak terjadi.

Sistem presensi merupakan langkah awal SMA Panglima Polem Rantauprapat menerapkan teknologi informasi untuk mendukung administrasi sekolah.

Pihak SMA Panglima Polem Rantauprapat mengatakan, sistem yang dikembangkan telah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

Program tersebut juga telah disosialisasikan kepada guru, orang tua, dan siswa SMA Panglima Polem Rantauprapa, pada saat pembagian rapor semester ganjil tahun ajaran 2019/2020, pada 21 Desember 2019.

(Penulis: Inadha Rahma Nidya / Editor: Mikhael)

Penulis: penulis.kilaskgmedia
Editor: Kilas KG Media
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved