News Video

Warga di Karo Nekat Stop Truk yang Bawa Kayu Diduga Ilegal

Warga Desa Kutarayat nekat menghentikan dua truk yang membawa kayu diduga hasil penebangan ilegal, Jumat (17/1/2020) dinihari

TRIBUN-MEDAN.com - Warga Desa Kutarayat nekat menghentikan dua truk yang membawa kayu diduga hasil penebangan ilegal, Jumat (17/1/2020) dinihari.

Menuruti informasi, kedua truk dengan jenis fuso dan cold diesel itu bergerak dari arah Kabupaten Langkat menuju Kabanjahe.

Kepala Desa, Satar Ginting, membenarkan kejadian ini.

"Iya memang benar, ada warga kita yang memberhentikan mobil yang diduga bawa kayu ilegal, sekira lebih dari pukul 12.00 malam tadi lah," ujar Satar Ginting.

Ia mengatakan, diduga kedua mobil tersebut membawa kayu dari hutan yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Lauser (TNGL).

Dirinya menyebutkan, menurut pengakuan warganya ternyata mobil yang diduga membawa kayu ilegal sudah sering melintas di wilayah desanya. 

"Kalau kata warga sudah sering memang, pernah juga kemarin kedapatan cuma terlepas. Makanya ini enggak dikasih warga lagi lepas," katanya.

Saat ditanya perihal keberadaan kedua truk dan para supirnya, dirinya mengaku jika warga langsung melepaskannya dengan alasan meredam kemarahan dan main hakim sendiri.

"Itulah saya tanya, kenapa supirnya dilepas. Jadi takut mereka ini supir-supir itu jadi amukan warga yang sudah geram. Tapi kalau dari pengakuan supirnya, katanya mereka ngambil kayu dari hutan yang berbatasan langsung sama TNGL itu," ucapnya.

Dirinya mengungkapkan, hingga saat ini kayu-kayu tersebut telah diamankan di depan Kantor Kepala Desa Kutarayat.

Pihaknya sudah menghubungi Polsek Simpangempat untuk proses lebih lanjut.

Namun, dirinya mengatakan warga ingin jika kayu-kayu tersebut diamankan langsung oleh Polres Tanah Karo dan Kehutanan Taman Hutan Raya (Tahura).

"Memang warga minta ini langsung ditangani pihak Polres dan Tahura, makanya ini masih proses koordinasi antara masyarakat dengan pihak berwenang," pungkasnya.

(cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Hendrik Naipospos
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved