Ratusan Tim Bersaing Jadi Juara Kompetisi Medan Futsal Championship 2020

Ratusan tim dan klub bakal bersaing menjadi yang terbaik dalam kompetisi bertajuk Medan Futsal Championship 2020.

Ratusan Tim Bersaing Jadi Juara Kompetisi Medan Futsal Championship 2020
Int
Ilustrasi futsal 

TRIBUN-MEDAN.com - Ratusan tim dan klub bakal bersaing menjadi yang terbaik dalam kompetisi bertajuk Medan Futsal Championship 2020 yang akan dilaksanakan 19-25 Januari di GOR Mini Dispora Sumut, Jalan Pancing.

Ketua Pelaksana Ingan Pane mengatakan kejuaraan bergengsi yang digelar oleh Asosiasi Futsal Kota (AFK) Medan ini juga memperebutkan Piala Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution. Para peserta yang berpartisipasi dibagi atas beberapa kategori yakni tingkat pelajar SD, SMP, U-20 Putra, U-21 Putri serta kategori umum putra.

"Sampai hari Jumat malam, sudah ada sebanyak 320 tim yang mendaftar sebagai peserta. SD sebanyak 128 tim, SMP 76, U-20 putra 40 tim, U-21 putri 11 tim, dan Umum putra 64 tim," teranganya saat konfrensi pers di Rey Cafe Medan, Jumat malam (17/1/2020).

Ingan menjelaskan, kejuaraan Medan Futsal Championship 2020 akan menggunakan dua sistem pertandingan. Untuk kategori U-20 putra akan menggunakam sistem grup, sedangkan yang lainnya menerapkan sistem gugur.

"Kecuali U-20 yang syaratnya kelahiran 2001, kategori lainnya gunakan sistem gugur. Rencananya kategori U-20 akan dibagi ke dalam delapan grup ," terangnya.

Lebih lanjut, Ingan mengatakan, tujuan digelarnya event tersebut selain untuk menjaring bakat potensial pemain futsal asal Medan, juga persiapan jangka panjang untuk menghadapi gelaran akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Apalagi pada PON yang ke-21 tersebut, Sumut akan menjadi tuan rumah bersama Aceh. Karena itu, sambungnya, kota Medan sebagai barometer Sumut harus mempersiapkan pemain mudanya.

"Yang paling bergengsi sebenarnya umum putra, tapi kenapa yang U-20 kita buat sistem grup karena kita mengadakan ini untuk memunculkan bakat-bakat pemain futsal kota Medan yang bisa diandalkan untuk PON 2024," jelasnya.

Ingan berharap dari kompetisi Medan Futsal Championship 2020 ini akan muncul pemain-pemain berkualitas. Dengan demikian kota Medan akan memiliki stok pemain muda yang akan bisa dipersiapkan dalam beberapa tahun ke depan.

"Jadi ini kepedulian dari Pak Akhyar, karena Sumut dengan ibu kotanya Medan akan jadi tuan rumah, jadi dari jauh hari empat tahun sebelumnya siapkan anak-anaknya, kita munculkan dari kompetisi ini. Total hadiah Rp 65 juta," imbuhnya.

Adapun rencananya kompetisi Medan Futsal Championship 2020 akan dibuka secara resmi oleh Plt Wali Kota Medan , Akhyar Nasution pada hari Minggu (19/1/2020) bertempat di GOR Mini Futsal Dispora Sumut. Sedangkan pendaftaran ditutup hari Sabtu (18/1/2020) pukul 16.00 WIB.

"Tiket pembukaan acara free (gratis). Selanjutnya ada bundling tiket seperti biasa. Peserta mungkin akan bertambah lagi. Biasa di Medan memang sebelum technical meeting pun daftar," pungkasnya

(cr11/tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved