Tiga Pejabat Siantar Adukan dan Gugat Wali Kota Hefriansyah ke KASN dan PTUN, DPRD Ajukan Hak Angket

Tiga pejabat Pemerintah Kota Pematangsiantar telah mengadukan Wali Kota Hefriansyah ke KASN) dan mengajukan gugatan di PTTUN

Tiga Pejabat Siantar Adukan dan Gugat Wali Kota Hefriansyah ke KASN dan PTUN, DPRD Ajukan Hak Angket
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah 

Tiga Pejabat Siantar Adukan dan Gugat Wali Kota Hefriansyah ke KASN dan PTUN, DPRD Ajukan Hak Angket

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Tiga pejabat Pemerintah Kota Pematangsiantar telah mengadukan Wali Kota Hefriansyah ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan mengajukan gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Pengaduan ini terkait anggapan tindakan kesewenang-wenangan Wali Kota Hefriansyah dalam melakukan pencopotan pejabat yang tidak sesuai dengan perundang-undangan tentang Aparatur Sipil Negara.

Pada Oktober 2019, Budi Utari Siregar telah melaporkan Hefriansyah ke KASN terkait pencopotannya dari jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) dan ditugaskan menjadi staf Satpol PP. Pada bulan Desember 2019, Budi melakukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan.

Saat dihubungi via seluler, Budi Siregar mengatakan sudah menjalani sidang keempat di PTUN Medan. Pada sidang selanjutnya akan bergulir dengan agenda menyampaikan alat bukti.

"Sampai saat ini sudah sidang ke empat. Nanti sidang selanjutnya menyampaikan alat bukti dan putusan," katanya, Minggu (19/1/2020).

Budi menjelaskan gugatan yang dilakukan hingga ke PTUN sebagai bentuk menciptakan keadilan. Ia bukan untuk mengejar jabatan Sekda, tetapi ingin menunjukkan ada koridor hukum yang perlu ditaati setiap kepala daerah.

"Semua kan ada koridor hukum. Tidak bisa dengan sesuka-sukanya mencopot," katanya.

Leonardo Simanjuntak juga sudah melaporkan Hefriansyah ke KASN pada Senin 13 Januari 2020.

Leomardo menempuh jalur KASN karena tidak terima dicopot dari jabatan Asisten 1 Pemerintahan. Leonardo yang kini menjadi staf Kesbangpol, menilai Hefriansyab sudah melanggar banyak peraturan. Apalagi, Leonardo merupakam pejabat dengan nilai tinggi dalam tes asesmen.

Halaman
123
Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved