DPRD Kota Medan Bahas Pandangan Umum Terkait Ranperda Kearsipan

Fraksi dari PDIP meminta pembahasan terkait fungsi dan wewenang pembentukan Perda dan Perwal

DPRD Kota Medan Bahas Pandangan Umum Terkait Ranperda Kearsipan
DOK. Humas Pemkot Medan
Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kota Medan di Gedung DPRD Medan, Senin (20/1/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution diwakili Sekretaris Daerah Kota Medan Wiriya Alrahman menghadiri Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kota Medan di Gedung DPRD Medan, Senin (20/1/2020).

Adapun, pandangan umum tersebut tekait Nota Pengantar Wali Kota Medan atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Penyelenggaraan Kearsipan.

Sidang paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Medan Rajuddin Sagala ini dihadiri para anggota DPRD Medan, dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerinta Kota (Pemkot) Medan.

Rapat ini dimulai dengan penyampaian pandangan umum masing-masing Fraksi DPRD Medan terkait Administrasi Kependudukan dan Penyelenggaraan Kearsipan di Kota Medan.

Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melalui Margareth menjadi yang pertama menyampaikan pandangannya dengan beberapa materi.

Salah satunya mengenai tugas, fungsi, dan wewenang pembentukan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Wali Kota (Perwal).

Menurutnya, hingga kini masih banyak Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Wali Kota (Perwal) yang belum diserahkan bagian hukum Pemkot Medan ke DPRD Medan.

Akibatnya, kerap terjadi kendala di lapangan saat melakukan pengawasan. Dia pun meminta hal ini menjadi perhatian Pemkot Medan agar ditindaklanjuti.

Selain itu, Margareth juga menyampaikan isu terkait masalah Kartu Keluarga, KTP elektronik ataupun Kartu Identitas Anak (KIA).

Dia menyebut, masyarakat mengadu ke pihak DPRD Kota Medan sering mendapat pelayanan berbelit dan lama, serta sering sekali terjadinya pungli dalam pengurusan tersebut.

Halaman
123
Penulis: penulis.kilaskgmedia
Editor: Kilas KG Media
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved