NEWS VIDEO

Waspada Virus Corona, KKP Kualanamu Perketat Pengawasan Penumpang dari Luar Negeri

Pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Kualanamu memperketat pengawasan kedatangan penumpang pesawat dari luar negeri.

Waspada Virus Corona, KKP Kualanamu Perketat Pengawasan Penumpang dari Luar Negeri

TRIBUN-MEDAN.com- Pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Kualanamu memperketat pengawasan kedatangan penumpang pesawat dari luar negeri.

Hal ini lantaran telah terjadi peningkatan infeksi virus Corona atau Pneumonia atau radang paru di Tiongkok.

Untuk mencegah penyebaran virus pihak KKP pun kembali memperketat pengawasan dengan mempergunakan mesin Thermal Scanner yang merupakan mesin pemantau suhu tubuh Rabu, (22/1/2020).

Pantauan www.tribun-medan.com, ada dua mesin yang difungsikan oleh pihak KKP.

Penempatannya diletakkan di area kedatangan internasional tepatnya di dekat eskalator dan toilet di lantai I.

Semua penumpang pesawat dari luar negeri yang turun dari eskalator di lantai I tampak seluruhnya terdeteksi suhu tubuhnya. Rata-rata suhu tubuhnya hanya 34 sampai 35 derajat Celcius saja.

Karena mesin ini tidak mengeluarkan cahaya apapun saat mendeteksi suhu tubuh manusia banyak penumpang yang tidak merasa kalau suhu tubuhnya dilakukan pengawasan. Beragam respon diucapkan oleh penumpang pesawat ketika disinggung soal virus baru ini.

"Enggak ada ketakutan sih. Di Malaysia pun masih normal-normal saja. Saya sih baru tahu dari berita juga tapi enggak ada takut lah. Di Malaysia saya sih baru dua hari karena sebelumnya saya di Fhilipin. Di sana pun ya biasa saja enggak ada heboh," ucap Ilham, penumpang yang baru saja tiba di Kualanamu dan merupakan warga Menteng Medan.

Lain orang lain pula tanggapannya. Harsan Konadi yang merupakan warga Gayo Luwes, Aceh, mengaku baru tahu virus ini dari media saja. Ia heran mengapa di Indonesia bisa heboh padahal di Malaysia itu sama sekali tidak ada apa-apa.

Halaman
12
Penulis: Indra Gunawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved