Tanoto Foundation Gelar Pelatihan Praktik Baik Pembelajaran Modul II di Medan

Sebanyak 74 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah dengan jumlah peserta 220 guru mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Tanoto Foundation

Tanoto Foundation Gelar Pelatihan Praktik Baik Pembelajaran Modul II di Medan
Tribun-Medan.com/Natalin Sinaga
Peserta Pelatihan Praktik Baik Pembelajaran Modul II berfoto bersama dengan tim Tanoto Foundation di Hotel Le Polonia Medan. 

Tanoto Foundation Gelar Pelatihan Praktik Baik Pembelajaran Modul II di Medan

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Natalin

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Sebanyak 74 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah dengan jumlah peserta 220 guru yang berasal dari enam Kabupaten/Kota di Sumatera Utara dan Riau mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Tanoto Foundation tentang Pelatihan Praktik Baik Pembelajaran Modul II, di Hotel Le Polonia Medan.

Salah satu peserta pelatihan, Tiur Magdalena Sihotang yang juga sebagai guru SD Negeri 14 Sukaramai Pangkatan Kabupaten Labuhan Batu mengaku senang bisa mengikuti pelatihan ini.

"Dengan mengikuti pelatihan ini banyak manfaat yang kita dapatkan, dan wawasan kita pun semakin terbuka," ucap Tiur di Medan, Kamis (23/1/2020).

Ia mengaku sebelumnya, dalam pembelajaran yang diberikannya kepada siswa masih monoton. Pembelajaran yang monoton berarti pembelajaran yang dilakukan begitu saja tanpa adanya hal yang berbeda dari cara penyampaian materinya.

"Selama ini yang kita buat mengajar biasa saja, tapi dengan mengikuti pelatihan saya jadi tahu ada sistem belajar pemecahan masalah. Kita melibatkan anak itu langsung, sehingga lebih muda olah pikir mereka lebih terbuka. Anak-anak bekerja secara kelompok dan saling argumentasi," ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Wira Ahmad, guru SDN 010046 Labuhan Ruku, Batubara. Dengan adanya pelatihan ini, ia mengaku semakin semangat untuk mengajar.

"Saya baru mengajar enam bulan. Teryata metode ilmiah itu bisa dipraktekan juga untuk mengajar di SD. Dengan mengikuti pelatihan ini cukup banyak saya mendapat ilmu," ucap Wira.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Provinsi Tanoto Foundation Sumatera Utara, Yusri Nasution mengatakan untuk mengoptimalkan peran guru dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan yang berkelanjutan, kali ini pelatihan difokuskan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS, IPA dan Matematika.

Halaman
12
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved