Breaking News:

Ini Makna Hadirkan Ribuan Lampion Rayakan Imlek di Maha Vihara Maitreya

Vihara yang diklaim sebagai vihara terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, Maha Vihara Maitreya tampil sangat meriah pada Imlek 2571.

TRIBUN MEDAN/RECHTIN HANI RITONGA
Ribuan lampion yang bertuliskan aksara China berarti 'Bahagia, Gembira, dan Suka Cita' menghiasi halaman dan bagian dalam Maha Vihara Maitreya, yang terletak di dalam kompleks cemara asri Medan. Warga tampak memadati areal vihara serta arus lalu lintas sekitar kompleks cemara asri terpantau padat merayap. 

TRIBUN-MEDAN.com - Vihara yang diklaim sebagai vihara terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, Maha Vihara Maitreya tampil sangat meriah pada Imlek 2571.

Terdapat sebanyak 3.800 lampion yang bertuliskan aksara China berarti 'Bahagia, Gembira, dan Suka Cita'.

"Jadi tema kita tahun ini semacam festival lampion, bisa dilihat ada ribuan lampion yang bertuliskan bahagia, gembira, dan suka cita," ujar Krismanto kepada Tribun Sabtu (25/1/2020).

Selain itu, juga terdapat dua ruangan yang ditemui banyak lampion.

Berdasarkan keterangan Krismanto, pada tahun ini dekorasi yang dihadirkan Maha Vihara Maitreya yakni tentang suka cita yang dimanifestasikan dengan tulisan di setiap lampion, serta dua ruangan dengan tema tertentu.

"Untuk dua ruangan yang ada juga punya tema. Ruangan yang pertama bercerita tentang perkotaan masyarakat Tionghoa, yang menggambarkan kehidupan, jual beli, dan semua yang akrab dengan kita. Sementara ruangan ke dua bercerita tentang keindahan alam, hutan bambu yang damai dengan gemericik air terjun," ujar Krismanto.

Ia mengatakan bahwa melalui tema dekorasi yang mereka hadirkan tahun ini dapat bermakna filosofis yakni membawa umat manusia kepada kebahagiaan dan kesejahteraan.

"Melalui ini kami berharap umat manusia bisa mencapai kebahagiaan di dalan kehidupannya," tutur Krismanto.

Berdasarkan pantauan Tribun warga semakin meramaikan segala penjuru vihara.

Sementara itu di jalan kompleks cemara asri mulai dipadati kenderaan dan terpantau padat merayap.

Pengunjung tampak sangat antusias melihat sajian dekorasi Maha Vihara Maitreya yang sangat meriah. Beberapa dari mereka berfoto bersama keluarga dan pasangan.

Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved