Rapat Kerja Pimpinan se-UISU di Siba Island, Berikut Komitmen Bersama yang Dihasilkan

Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menggelar rapat kerja yang berlangsung di Siba Island Kecamatan Hamparan Perak Deliserdang selama 2 hari

Rapat Kerja Pimpinan se-UISU di Siba Island, Berikut Komitmen Bersama yang Dihasilkan
TRIBUN MEDAN/HO
Ketua Umum Yayasan UISU, Prof. Ismet Danial Nasution, drg, Sekretaris Umum, Ir. Indra Gunawan, MP foto bersama Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan seluruh Wakil Rektor usai pelaksanaan Rapat Kerja di Siba Island kemarin (26/1/2020) 

MEDAN.TRIBNNNEWS.com, MEDAN - Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) menggelar rapat kerja yang berlangsung di Siba Island Kecamatan Hamparan Perak Deliserdang selama 2 hari (25-26 Januari). Pelaksanaan Rapat Kerja Universitas itu kali pertama dilaksanakan para peiode 2019-2023 dibawah kepemimpinan Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP sebagai Rektor UISU sekaligus moment untuk menyepakati komitmen bersama seluruh pimpinan se-UISU.

Kepada wartawan, Senin (27/1/2020) Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP mengatakan bahwa pelaksanaan Rapat Kerja ini merupakan rangkaian kegiatan Universitas yang sudah direncakan sejak lama. “Kita memang menunggu setelah proses sinkronisasi dan harmonisasi jabatan pimpinan Fakultas di lingkungan UISU selesai baru kita laksanakan Rapat Kerja,”jelas Rektor. Harapannya, dengan kepemipinan yang baru di Universitas dan Fakultas di lingkungan UISU menjadi semangat awal untuk melaksanakan tugas-tugas sehari-hari.

Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP saat membacakan komitmen bersama seluruh pimpinan se-UISU saat pelaksanaan Rapat Kerja di Siba Island kemarin (26/1)
Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP saat membacakan komitmen bersama seluruh pimpinan se-UISU saat pelaksanaan Rapat Kerja di Siba Island kemarin (26/1) (TRIBUN MEDAN/HO)

Dijelaskan Rektor UISU, bahwa rapat kerja diikuti Ketua Umum Yayasan UISU, Prof. Ismet Danial Nasution, drg, Sekretaris Umum, Ir. Indra Gunawan, MP, Ketua Senat Universitas, Prof. DJohar Arifin Husin, seluruh Wakil-wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan dari 9 Fakultas di Lingkungan UISU. Kegiatan rapat kerja di awali dengan kegiatan pembukaan, dilanjutkan dengan rapat-rapat komisi serta rapat paripurna pembahasan hasil-hasil rapat komisi.

Adapun pembahasan rapat komisi disesuaikan dengan bidang-bidang kerja yang ada di Universitas, yakni Bidang Akademik dan Dakwah Islmiyah, Bidang Sumberdaya dan Tata Kelola, Bidang Kemahasiswaan, alumni dan kewirausahaan serta Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi yang dipimpin masing-masing Wakil Rektor.

Ketua Umum Yayasan UISU, Prof. Ismet Danial Nasution, drg saat penutupan kegiatan Rapat Kerja sempat bercerita pengalamannya hingga terpilih menjadi Ketua Umum. Meski awalnya ingin fokus beribadah dan bersama keluarga, pada akhirnya Prof Ismet terpanggil untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan UISU pada masa mendatang.

Menurut Rektor UISU, dengan pelaksanaan rapat kerja ini akan menciptakan perspesi dan pandangan yang sama untuk kegiatan-kegiatan UISU selama satu tahun ajaran mendatang. Sebab, masing-masing komisi membahas rencana operasional (Renop) 2019/2020 dan Renop 2020/2021.

Harapannya, kata Rektor, ada kesamaan langkah yang terpadu dan terintegrasi dari semua unit yang ada di UISU dalam hal kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi dan Dakwah Islamiyah. “Raker ini untuk menyatukan pandangan dan rencana sehingga akan mempercepat program dan tindakan apa yang harus dilakukan,”ujarnya.

Melalui kegiatan raker ini yang dihadirnya Ketua Senat Universitas, kata Rektor, menjadi moment bagi Universitas untuk memberikan laporan bahwaUniversitas sudah melaksanakan Renstra yang ditetapkan Senat Universitas pada tanggal 23 Desember 2019 lalu. “Selain itu, kehadiran pengurus Yayasan merupakan bukti bahwa Yayasan siap memback up dan Senat siap untuk melalu mengontrol program-program Universitas,”ujarnya.

Untuk itu, Rektor juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran Pengurus dan Ketua Senat yang bersedia hadir demi kepentingan dan kemajuan UISU pada masa mendatang.

Selain itu, yang lebih penting lagi adalah komitmen bersama dari seluruh pimpinan untuk bersama-sama membangun UISU sesuai dengan motto Universitas, mari sama-sama bekerja, saling melengkapi dan saling mengingatkan.

Dengan demikian, Rektor UISU, berharap memasuki TA baru 2020/2021 ini tidak ada lagi perbedaan cara pandang dari pimpinan universitas dan fakultas dalam menyikapi persoalan apapun.

Adapun hasil pembahasan Rencana Operasional (Renop) untuk bidang akademik dan dakwah islamiyah diantaranya; Pemantapan implementasi kurikulum KKNI berkarakter dan berorientasi nilai-nilai keislaman; Proses pembelajaran Berorientasi Student Centered Learning(SCL) dan TIK; Peningkatan daya saing internasional; Pengembangan program studi baru Implementasi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ); dan Peningkatan pemerataan kesempatan mendapatkan pendidikan tinggi bagi masyarakat (PSDKU).

Sedangkan untuk bidang Sumberdaya dan Tata Kelola yakni meningkatkan kualitas SDM tenaga kependidikan melalui kegiatan studi lanjut, seminar dan pelatihan-pelatihan. Sedangkan untuk bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan, yakni program peningkatan mahasiswa UISU asal luar negeri minimal dari 4 negara.

Selain itu, program peningkatan kemampuan kewirausahaan mahasiswa serta program magang mahasiswa di perusahaan yang dapat disetarakan dengan beban SKS perkuliahan di kampus sebagai implementasi dari program menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. Untuk bidang Kerjasama dan Sistem Informasi yakni memperbanyak kerjasama dengan istitusi luar negeri baik perguruan tinggi, pemerintah maupun swasta. Selain itu juga meningkatkan kualitas pelayanan di bidang infromasi. (***)

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved