Ketua KPU Banjarmasin Jadi Tersangka Kasus Pencabulan, Diusulkan Diberhentikan Sementara

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Gusti Makmur resmi dijadikan tersangka oleh penyidik Satreskrim Polres Banjarbaru.

Ketua KPU Banjarmasin Jadi Tersangka Kasus Pencabulan, Diusulkan Diberhentikan Sementara
Banjarmasin Post
Ketua KPU Kota Banjarmasin, Gusti Makmur 

Ketua KPU Banjarmasin Jadi Tersangka Kasus Pencabulan, Diusulkan Diberhentikan Sementara

TRIBUN-MEDAN.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Gusti Makmur resmi dijadikan tersangka oleh penyidik Satreskrim Polres Banjarbaru.

Gusti diketahui tersangkut dugaan kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur.

Atas kasusnya tersebut, KPU Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah melakukan rapat pleno dan mengusulkan untuk mengganti sementara Gusti sebagai Ketua KPU Banjarmasin.

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat, KPU Provinsi Kalsel, Edy Ariansyah menuturkan, usulan pemberhentian sementara Gusti sudah dilayangkan ke KPU RI dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Jakarta.

"Kita sudah memutuskan di rapat pleno kemarin, yaitu pertama kita sudah mengusulkan ke KPU RI dan DKPP agar yang bersangkutan diberhentikan sementara sebagai anggota KPU Kota Banjarmasin," ujar Edy Ariansyah saat dikonfirmasi, Selasa (28/1/2020).

PARAH Virus Corona - Jumlah Penderita Meninggal 106 Orang, 4.000 Lainnya Positif Terjangkiti Virus

Stroke dan Penyakit Jantung, Ternyata Cabai Bisa Mengurangi Risiko Stroke karena Kandungan Vitamin B

Menurut Edy, sebelum diusulkan untuk diberhentikan sementara melalui rapat pleno, KPU Kalsel terlebih dahulu melakukan klarifikasi, verifikasi, dan mengumpulkan data-data.

Hal tersebut dilakukan untuk mencari bukti-bukti, apakah betul Gusti adalah orang yang dilaporkan atas kasus dugaan pencabulan yang saat ini ditangani Polres Banjarbaru.

"Akhirnya kami mendapat kepastian bahwa itu adalah nama yang bersangkutan," jelas Edy.

Dari hasil klarifikasi, verifikasi, dan pengumpulan data-data, KPU Kalsel juga menduga Gusti telah melanggar kode etik dan perilaku penyelenggara pemilu.

Halaman
12
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved