Presiden Jokowi Resmikan Terowongan Nanjung, Solusi Atasi Banjir di Bandung

Pembangunan Terowongan Nanjung mempercepat aliran Sungai Citarum ke hilir. Dengan begitu, banjir di Bandung, terutama di daerah Dayeuhkolot, Baleendah

Presiden Jokowi Resmikan Terowongan Nanjung, Solusi Atasi Banjir di Bandung
Facebook Resmi Presiden Joko Widodo
Resmikan : Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berjalan menelusuri Terowongan Nanjung, Rabu (29/1/2020). Jokowi meresmikan proyek terowongan itu guna mengatasi banjir diberbagai daerah di Bandung, Jawa Barat. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Presiden Joko Widodo resmikan Terowongan Nanjung di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

Terowongan Nanjung menjadi solusi untuk menghindari banjir diberbagai daerah di Kota Bandung.

"Pembangunan Terowongan Nanjung mempercepat aliran Sungai Citarum ke hilir. Dengan begitu, banjir di Bandung, terutama di daerah Dayeuhkolot, Baleendah dan Bojongsoang, dapat dihindari," ujar Presiden Joko Widodo lewat akun resmi Facebooknya.

Presiden Jokowi Buka Suara soal Virus Corona, Tak Punya Scanner yang Bisa Deteksi Inkubasi Virus

30 Rumah Terendam Banjir, Camat Tanjung Morawa Sudah Minta Normalisasi Sungai

Ia menyampaikan, luas genangan banjir di kawasan cekungan Bandung juga berkurang jauh dari 490 hektare seperti pada 2016, kini hanya 80 hektare. Ia bilang air deras yang mengalir di Sungai Citarum di Curug Jompong, Kabupaten Bandung melalui terowongan tersebut.

"Terowongan ini kembar, masing-masing sepanjang 230 dan lebar delapan meter. Terowongan Nanjung adalah bagian dari infrastruktur pengendali banjir Bandung yang pembangunannya sudah direncanakan sejak lama," katanya.

Pesan Presiden Jokowi pada Menteri soal Harun Masiku dan Pernyataan Yasonna Laoly Jadi Sorotan

Selain Terowongan Nanjung, infrastruktur pengendali banjir Sungai Citarum lainnya adalah kolam retensi Cieunteung, floodway Cisangkuy, dan Embung Gedebage.

(tribun-medan.com)

Penulis: Royandi Hutasoit
Editor: jefrisusetio
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved