Breaking News:

Ahli Tata Kota Bakhtiar Zain Ungkap Tata Ruang Kota Medan Berantakan

Tidak dapat dipungkiri, Kota Medan masih memiliki segudang persoalan, selain masalah banjir, pemukiman kumuh, serta penumpukan sampah

TRIBUN MEDAN/GITA TARIGAN
Kondisi Wisata Titi Gantung Banyak Sampah Menumpuk Dan Lapak Pengemis, Minggu (19/1/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Tidak dapat dipungkiri, Kota Medan masih memiliki segudang persoalan, selain masalah banjir, pemukiman kumuh, serta penumpukan sampah, kota Medan yang baru-baru ini Mendapatkan Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Kategori Pratama ini tenyata belum memiliki sistem zonasi yang mumpuni.

Ahli Tata Kota Bakhtiar Zain mengatakan Kota Medan sebagai penyandang kota maju seharusnya sudah menerapkan sistem zonasi.

“Seharusnya sudah ada sistem zonasi dimana ada daerah komersil, daerah permukiman, dan kawasan industri. Saat ini semua berada di dekat pusat kota yang membuat kota terlihat tidak teratur dan terkesan berantakan,” katanya, Kamis (30/1/2020).

Menurutnya, hal ini lah yang membuat kemacetan di pusat Kota Medan dan sekitarnya karena semua zona berdekatan dengan pusat kota.

“Kalau diterapkan sistem zonasi maka akan ada penguraian volume kendaraan dari satu zona ke zona lainnya yang tentunya akan berpengaruh pada kemacetan di Kota Medan,” ujar alumni Universitas Diponegoro tersebut.

Dia menjelaskan sebenarnya peraturan tentang Tata Kota Medan sudah diatur dalam RTRW 2011 – 2031 yang rencananya juga akan diperkuat sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang Nomor 6 tahun 2017 tentang tata cara peninjauan kembali rencana tata ruang wilayah.

Ia menyarankan agar Pemko Medan dapat mengikuti peraturan yang sudah ada, bukan malah keluar dari konsep yang sebagaimana mestinya.

“Harusnya Kota Medan ikuti peraturan jangan menata kota di luar konsep yang ada. Jika sudah dilakukan sesuai peraturan maka Kota Medan bisa lebih teratur,” pungkasnya.

(cr21/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved