Atlet Angkat Besi Sumut Dimas Setiya Darma Tak Mau Kalah dari Senior

Atlet yang menduduki posisi kelima nasional di kelas 109 kg pada kejurnas Pra-PON 2019 lalu ini bertekad mengerahkan seluruh kemampuannya.

Atlet Angkat Besi Sumut Dimas Setiya Darma Tak Mau Kalah dari Senior
Tribun Medan/Chandra Simarmata
Atlet angkat besi Sumatera Utara asal Sergai, Dimas Setiya Darma 

TRIBUN-MEDAN.com - Lifter muda Sumatera Utara, Dimas Setiya Darma menargetkan bisa menyumbangkan medali pada gelaran akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua yang dijadwalkan berlangsung 20 Oktober mendatang.

Atlet yang menduduki posisi kelima nasional di kelas 109 kg pada kejurnas Pra-PON 2019 lalu ini bertekad mengerahkan seluruh kemampuannya untuk bisa mengalahkan empat pesaing di atasnya.

Meski belum mau sesumbar untuk saat ini, namun Atlet angkat besi kelahiran 3 Agustus 2000 ini berharap bisa meraih hasil terbaik yakni medali emas.

"Intinya bermain naksimal, kalau maunya ya ngejar emas atau perak, peluang ada. Kalau angkatan berkaca dari kejurnas 2019 total 330 kg sudah bisa juara 1. Angkatan saya masih 293, jadi berusaha mencapai angkatan itu atau di atasnya," ujarnya kepada Tribun Medan, Kamis sore (30/1/2020).

Saat ini, Dimas mengatakan sudah fokus berlatih untuk persiapan ke PON Papua. Untuk mengejar defisit angkatan agar bisa meraih medali, atlet asal Sergai ini mengatakan akan fokus meningkatkan powernya. Dengan demikian diharapkan total angkatan snatch serta Clean and jerk miliknya juga akan meningkat.

"Berlatih tetap rutin. Kuncinya power saja lagi yang perlu terus ditingkatkan dengan latihan setiap hari. Latihan saja terus sampai kuat. Mulai awal Februari Pelatda PON KONI Sumut juga sudah dimulai, jadi makin intensif," terangnya.

Lebih lanjut kata Dimas, jika jadi turun di PON Papua nanti, dirinya akan kembali bertemu dengan para senior saat kejurnas yang usianya terpaut 10-15 tahun di atasnya.

Meski senior lebih berpengalaman, Namun sebagai atlet, Dimas tak mau kalah di awal. Mantan atlet binaan PPLP Sumut ini mengaku tak ingin menyia-nyiakan kesempatan perdananya berlaga di ajang sebesar PON. Karena itu dia akan bekerja keras selama pelatda meningkatkan kemampuannya.

Menurutnya dengan persiapan yang baik maka akan memberikan hasil yang baik juga bagi dirinya. Dan semua usahanya untuk meraih juara dia serahkan kepada Tuhan.

"Kan angkat besi terukur. Kalau kita tidak punya tekad juara dalam diri, maka kita tidak akan juara. Saingan ada dari Jabar dan Jatim. Latihan persiapan PON untuk angkat besi dipindah ke Tebingtinggi. Kendala saat masih belum ada. Fasilitas dan makanan juga bagus. Target ya bermain dengan baiklah," pungkas Peraih medali emas Popnas 2017 Jawa tengah ini.

Biofile:
Nama: Dimas Setiya Darma
TTL: Lubukpakam, 3 Agustus 2000
Ayah: Subarwisman
Ibu: Mayini
Anak Kedua dari Tiga Bersaudara
Pendidikan: Mahasiswa Universitas Panca Budi Medan
Prestasi:
-Kejurnas antar PPLP 2015 di Lampung dapat dua perak satu perunggu.
-Kejurnas antar PPLP 2016 di Bengkulu tiga emas
-Kejurnas antar PPLP tahun 2017 di Riau tiga emas
-Porwil di Siantar tahun 2018 juga berhasil meraih emas
-Peraih medali emas pada pekan olahraga Nasional (Popnas) ke-XIV tahun 2017 di Jawa tengah ini.
-Medali emas Porprov Sumut 2019
(cr11/tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved