Breaking News:

Mata Garuda LPDP Sumut Bagi Tips Lulus Beasiswa, 'Kuatkan Personal Branding'

Beasiswa saat ini sangat mudah untuk dicari. Melalui website, pemburu beasiswa dengan mudah mencari persyaratan untuk mendaftar.

TRIBUN MEDAN/KARTIKA SARI
suasana Talkshow mengenai tips beasiswa di Gedung Keuangan Negara, Sabtu (1/2/2020). 

TRIBUN-Medan.com, Medan - Beasiswa saat ini sangat mudah untuk dicari. Melalui website, pemburu beasiswa dengan mudah mencari persyaratan untuk mendaftar.

Berkenaan dengan hal tersebut, Organisasi Mata Garuda LPDP Sumatra Utara mengadakan Talkshow seputar LPDP di Gedung Keuangan Negara, Sabtu (1/2/2020).

Talkshow yang dihadiri oleh 100 peserta ini menghadirkan narasumber alumni awardee LPDP, diantaranya Ika Simanjuntak alumni UI, Rani Jambak alumni Macquarie University, Australia, dan Kepala Kanwil DJPb Sumatra Utara, Tirta Sebayang.

Ketua Mata Garuda LPDP Sumatra Utara, Ika Simanjuntak menuturkan bahwa personal branding memiliki poin penting untuk dapat lulus beasiswa LPDP.

"Tolak ukur untuk lulus LPDP itu harus be unique dan harus punya personal branding. Jadi ketika daftar LPDP kita harus buktikan kepada pewawancara bahwa kita punya branding di bidang yang kita tekuni," Ujar Ika.

Ika juga menuturkan bahwa bergabung di komunitas memiliki poin cukup penting untuk dapat lulus beasiswa LPDP. Ia menuturkan bahwa pihak LPDP lebih menyukai orang yang memiliki kontribusi terhadap masyarakat.

"Kita harus banyak bergaul dan memimpin komunitas. Dua hal ini yang paling penting yang harus didapat untuk lulus LPDP. Beasiswa LPDP ini berfokus untuk menciptakan pemimpin baru kedepannya untuk meningkatkan daya saing nasional. jadi jika kita masih mahasiswa, temukan passion kamu dan itu memang dibutuhkan di Indonesia," kata Ika.

Senada dengan Ika, Rani juga menuturkan bahwa selain mengikuti organisasi, kegiatan kerelawanan memiliki pengaruh penting untuk dapat tembus beasiswa LPDP.

"Saya tidak pernah gabung di organisasi sebelumnya. Tapi saya aktif di kegiatan volunteering. Kita belajar mengenai manajemen dan ketepatan waktu. Itu relate ke musik dan berkarya bersama teman-teman. Yang penting kamu tahu apa yang kamu lakukan baik sekecil apapun tapi memberi impact ke masyarakat," tutur Rani.

Peserta menyimak dengan antusias selama jalannya Talkshow yang membahas mengenai beasiswa, diantaranya ada Fauza Azmi.

Fauza menuturkan banyak ilmu yang ia dapat dalam Talkshow ini dan lebih bersemangat untuk mengejar beasiswa.

"Senang sekali mengikuti talkshow ini. Selain mendapat ilmu, saya juga dapat menambah semangat berjumpa dengan para awardee. Semoga kedepannya saya lebih bersemangat untuk mengejar beasiswa," Pungkas Fauza. (cr13)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved