Inspirasi

Kisah Baju Kotor di Tangga

Kehidupan berumah tangga adalah kehidupan yang penuh dengan rintangan dan lika-liku yang terkadang tidak bisa diselesaikan menggunakan logika.

internet
Ilustrasi 

TERDAPAT suami istri yang memasuki kehidupan baru dalam berumah tangga. Selama 1-3 bulan pertama, mereka bisa memahami dan cenderung saling mengalah satu sama lain. Kehidupan terlihat bahagia, nyaman, dan sangat mesra setiap hari.

Kehidupan berumah tangga adalah kehidupan yang penuh dengan rintangan dan lika-liku yang terkadang tidak bisa diselesaikan menggunakan logika. Toleransi dan mengalah adalah kunci sukses menyelesaikan rintangan berumah tangga

Kembali ke cerita. Jadi si istri mulai sering mengomeli suaminya yang setiap kali mengganti baju kotor tidak pernah diletakkan di tempat yang telah disediakan. Si suami hanya menaruhnya di pegangan tangga. Setiap melihat hal demikian, istri memarahi suaminya sampai dia bersedia memindahkan baju kotor ke tempat yang telah disediakan. Hari demi hari kejadian ini terus berulang.

Apakah suami akan berubah? Jawabannya TIDAK.

Akhirnya si istri mulai memberikan sindiran sinis kepada suaminya, "Bagus sekali tangga dijadikan sebagai gantungan baju kotor!". Apakah dengan sindiran membuat suaminya berubah? Jawabannya masih sama, TIDAK.

Si istri pun merasa kecapaian, mulai dari marah sampai kepada sindiran telah dilakukan. Si istri mulai mengganti sudut pandangnya. "Baiklah, biar saya yang memindahkan baju kotor ini ke tempat yang telah disediakan. Setiap kali saya memindahkannya, pahala saya bertambah 10x lipat sehingga saya bisa hidup bahagia kelak setelah meninggalkan dunia ini."

Dengan rutin memindahkan baju kotor yang diletakkan suamianya tersebut, tanpa disadari si istri ternyata bisa membawa suatu perubahan besar. Suami dengan sendirinya tidak lagi meletakkan baju kotor di pegangan tangga

Ternyata keikhlasan membawa perubahan. Mengubah orang lain adalah hal yang susah, apalagi jika sudah menjadi suatu kebiasaan. Yang bisa dilakukan adalah mengubah pola pikir diri sendiri sehingga mampu melakukan hal yang tidak disukai secara ikhlas. 

Mulailah mengubah diri sendiri untuk mengubah orang lain.

Kita yang memilih cara untuk berubah.

Niat baik pasti memberikan hasil yang baik.

Trust - Do - Feel - Learn

By: Darwin, S.Kom., M.Kom., CPS®, CRSP, CH, BKP

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved