Kolektor Boneka Arwah di Medan: Beli Boneka sampai Kalimantan dan Rusia

"Mereka maunya minum susu atau Fanta, juga cokelat dan permen. Pokoknya yang disukai anak-anaklah," kata Randy.

Kolektor Boneka Arwah di Medan: Beli Boneka sampai Kalimantan dan Rusia
Dokumentasi Pribadi
Randy bersama beberapa boneka arwah atau ghumantong yang dikoleksinya ketika ditemui Tribun Medan Senin (3/2/2020). Jumlah koleksi ghumantong yang dimilikinya sebanyak 37 boneka dengan total harga Rp160 juta. 

TRIBUN-MEDAN.com - Boneka yang berisikan arwah atau ruh tentu tidak asing lagi di telinga kita.

Beberapa film horor terkenal juga tak jarang mengangkat beberapa contoh boneka dengan arwah di dalamnya seperti boneka Chucky dalam film Child's Play, Annabelle dalam Conjuring, ataupun Sabrina film horor Indonesia yang dibintangi Luna Maya yang tayang pada Juli 2018.

Seorang lelaki Indigo yang saat ini menetap di Medan bernama Randy mengaku memiliki koleksi boneka arwah atau disebut ghumantong ini hingga 37 boneka.

Randy mengaku memulai hobinya ini sejak tiga tahun yang lalu.

"Saya mulai mengoleksi itu sejak tiga tahun lalu, awalnya sebenarnya karena memang suka koleksi patung atau boneka action figure gitu sejak kecil, terus beberapa tahun lalu mulai tahu ghumantong jadi tertarik untuk koleksi," ujar Randy, Senin (3/2/2020).

Randy menjelaskan tentang boneka yang dikoleksinya, yakni memiliki harga berkisar Rp 3 juta hingga puluhan juta.

Asal boneka arwah yang dikoleksinya juga berbeda-beda mulai dari lokal seperti Borneo atau Kalimantan, Thailand, Korea, hingga yang paling jauh berasal dari Rusia.

"Ini kisaran harganya mulai dari Rp3 juta sampai Rp20 juta.

Asalnya juga berbeda-beda, yang paling jauh dari Rusia. Kalau yang dua ini dari Kalimantan," ujarnya sembari menunjukkan beberapa koleksi bonekanya.

Untuk pengeluaran yang dihabiskannya untuk membeli boneka Randy mengatakan bahwa dirinya merasa tidak keberatan karena melakukan hoby yang disenanginya.

Halaman
123
Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved