News Video

Tanggap Virus Corona, Dinkes Karo Minta Puskesmas Lebih Awas Laporan Penyakit Dari Masyarakat

Berdasarkan survei, sampai dengan tanggal 27 Januari 2020 kemarin sudah ditemukan 2.798 kasus dilaporkan dengan 80 kematian.

Tanggap Virus Corona, Dinkes Karo Minta Puskesmas Lebih Awas Laporan Penyakit Dari Masyarakat

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Adanya Virus Corona yang dikabarkan telah menyerang ribuan orang di China, kini sudah menjadi perhatian dunia.

Pasalnya, virus dengan nama lain infeksi coronavirus (2019-nCoV) ini, diketahui sudah merebak ke beberapa negara lainnya.

Dalam menanggapi penyebaran virus ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), telah mengeluarkan surat edaran ke seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di seluruh kecamatan.

Hal ini diungkap oleh Kepala Dinkes Karo Irna Safrina Milaa, yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Arie O Lopiga.

Arie menegaskan, hingga saat ini untuk di Kabupaten Karo memang belum ditemukan adanya masyarakat yang diduga terindikasi virus corona.

Namun begitu, sesuai dengan rekomendasi dan arahan dari Kemenkes pihaknya langsung melakukan pencegahan dengan memperketat pemantauan ke masyarakat.

"Berdasarkan rekomendasi dan surat edaran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kita harus melakukan tindakan kesiapsiagaan terkait adanya virus corona," kata  Arie, saat ditemui di Kantor Dinkes Karo, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Senin (3/2/2020).

"Kita sudah berikan surat edaran kepada Puskesmas, agar lebih awas terhadap laporan masyarakat yang mengeluhkan sakit dengan ciri-ciri seperti orang yang terinfeksi virus corona," sambungnya.

Menurut surat edaran yang dikeluarkan oleh Kemenkes, Word Health Organization (WHO) sudah mengatakan kasus ini sudah masuk ke dalam level yang beresiko tinggi terutama di Tiongkok, regional, dan global.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: M.Andimaz Kahfi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved