Tim Basket Sumut Pasang Target Medali Perak pada PON 2020 Papua

Tim Basket Sumut ditargetkan bisa membawa pulang medali perak oleh Pengprov Sumut dari PON 2020 di Papua.

Tim Basket Sumut Pasang Target Medali Perak pada PON 2020 Papua
Tribun Medan/Sofyan Akbar
Atlet basket saat melakukan latihan di Lapangan Basket Benteng, Senin (3/2/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Tim Basket Sumut ditargetkan bisa membawa pulang medali perak oleh Pengprov Sumut dari PON 2020 di Papua.

"Target dari Pengprov kita bisa membawa medali perak. Tapi kita menargetkan dapat perunggu," kata Pelatih Basket, Donald Marpaung, Senin (3/2/2020).

Ia mengatakan, target yang besar dari Pengprov mengharuskan dirinya harus melatih para atlet agar bisa mencapai target tersebut.

"Untuk pelatda tiga bulan pertama ini, kita fokuskan latihan fisik kepada para atlet. Karena fisik merupakan yang utama bagi mereka agar bisa bertahan selama pertandingan, khususnya pada ajang 4 tahun sekali ini," terangnya.

Dikatakan Donald, persiapan pertama pada Pelatda PON ini masih pembentukan fisik pemain dan ini dilakukan sampai April 2020.

"Dari bulan Mei, baru kita masuk pada persiapan khusus seperti teknik dalam permainan bola basket. Jadi selama tiga bulan ini, kita masih fokuskan pada peningkatan fisik mereka,"katanya.

Untuk persiapan awal ini, sambungnya, pihaknya melakukan latihan pagi dan sore hari setiap Selasa dan Kamis.

"Kita juga ada latihan beban yang diberikan kepada para atlet dan mengajak mereka nge-gym. Untuk latihan indurance di track, kita lakukan setiap Sabtu sore,"terangnya.

Pada hari Sabtu juga, akunya, para atlet diharuskan joging keliling lapangan. "Latihan ini semua dilakukan agar impian pengprov pada cabor basket untuk dapat medali emas bisa tercapai,"akunya.

Mengenai siapa lawan terberat pada PON 2020, Donald menyatakan tim dari Provinsi Jatim dan Jabar.

"Mereka merupakan tim yang sangat sulit bagi tim kita,"ujarnya.

Ia mengaku, karena di Jabar dan Jatim jam terbang mereka sudah sangat tinggi.

"Itu dilihat dari jadwal pertandingan mereka yang lebih banyak ketimbang kita di Sumut ini. Mereka juga banyak melakukan even. Tim dari sana juga sangat gampang untuk melakukan pertandingan dengan tim yang ada di Jakarta. Karena mengingat jaraknya dekat. Nah kalau kita ke Jakarta, banyak yang harus dipertimbangkan. Mungkin itu alasan kenapa mereka masuk daftar lawan yang sulit bagi kita," terangnya.

(akb/tribun-medan.com)

Penulis: Sofyan akbar
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved