News Video

Cegah Dini Terduga TBC, Lewat Cara Kontak Investigasi TB Care

Tuberkulosis yang dulu dikenal TBC, saat ini disebut TB merupakan penyakit menular yang menyerang seluruh golongan masyarakat.

Cegah Dini Terduga TBC, Lewat Cara Kontak Investigasi TB Care 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Tuberkulosis yang dulu dikenal TBC, saat ini disebut TB merupakan penyakit menular yang menyerang seluruh golongan masyarakat.

Mengakibatkan menurunnya produktivitas, terjadinya kecacatan dan kematian yang berdampak pada kekuatan dan ketahanan keluarga dan masyarakat.

Kepala SR (Sub Recipient) TBC-HIV 'Aisyiyah, Dra Zubaidah Pohan mengatakan, pihaknya mulai berkiprah di bidang pengendalian TBC dengan bantuan The Global Fund/GFATM

Dengan menjadi SR atau penerima dana sekunder dari Principal Recipient/PR-GF ATM Kementerian Kesehatan sebagai penerima dana utama.

"Aisyiyah diamanahkan pimpinan pusat melalui program Penanggulangan TB (Community TB Care) ‘Aisyiyah untuk Sumatera Utara ada programnya di tujuh kabupaten kota yakni Medan, Deliserdang, Langkat, Karo, Simalungun, Labuhan Batu dan Asahan," ucap Zubaidah di Gedung Dakwah Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Selasa (4/2/2020).

Diakuinya, Aisyiyah sudah menangani program TB Care sejak tahun 2009 lalu dan masih berlanjut hingga saat ini.

"Alhamdullilah banyak masyarakat yang sudah mengenal apa itu Aisyiyah, Aisyiyah konsen untuk membantu masyarakat dalam memberikan penyuluhan serta memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan," ungkapnya.

Kata Zubaidah, pihaknya juga konsen membentuk dan melatih kader kader. Para kader ini tidak hanya dari Aisyiyah, tapi juga dari masyarakat umum.

"Khusus untuk TB ini betul betul kita konsen dengan membentuk dan melatih kader kader yang diambil tidak hanya dari anggota Aisyiyah tapi juga masyarakat umum. Peran kita memberikan pendampingan kepada pasien untuk melakukan pengobatan," ujarnya.

Ia menjelaskan pihaknya juga melakukan indeks investigasi kontak suspect pasien. Kegiatan kontak investigasi untuk mendeteksi dini terduga TBC.

Halaman
12
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: M.Andimaz Kahfi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved