Penderita Guillain Barre Syndrom Jadi Pasien Umum, Ini Tanggapan BPJS

LA (14) warga Kecamatan Medan Denai yang mengidap Guillain Barre Syndrom, sehingga tak sadarkan diri selama sembilan hari pasca mengalami kejang.

Penderita Guillain Barre Syndrom Jadi Pasien Umum, Ini Tanggapan BPJS
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan 

Penderita Guillain Barre Syndrom Jadi Pasien Umum, Ini Tanggapan BPJS

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - LA (14) warga Kecamatan Medan Denai yang mengidap Guillain Barre Syndrom, sehingga tak sadarkan diri selama sembilan hari pasca mengalami kejang-kejang pada Sabtu (25/1/2020) lalu, menjadi pasien umum.

LA dirawat secara intensif di ruang PICU Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, LA awalnya terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Namun, statusnya harus diubah menjadi pasien umum lantaran orangtuanya pernah meminta pulang atas permintaan sendiri (PAPS) dari perawatan di rumah sakit milik Kemenkes tersebut.

Terkait status pasien peserta BPJS yang menjadi umum, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, BPJS Kesehatan Cabang Medan, Supriyanto Syaputra mengaku sudah konfirmasi ke RS Adam Malik, Selasa (4/2/2020).

Ia mengatakan bahwa pasien berinisial LA tersebut kini dapat dijamin BPJS.

Supriyanto beralasan ada perbedaan diagnosis terhadap pasien berinisial LA tersebut.

Selain itu, ia menyebut adanya miskomunikasi di lapangan.

"Hasil dari konfirmasi ke pihak Adam Malik pasien PAPS dengan diagnosa Guillaume Barre Syndrom dan masuk kembali pada tanggal (25/1/2020) kemarin, dengan diagnosa penurunan kesadaran. Artinya ada perbedaan diagnosa saat pasien pulang dan masuk kembali," ujar Supriyanto, sembari menambahkan bahwa mengenai informasi pasien sempat tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan ada miskomunikasi di lapangan.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadli Taradifa
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved