News Video

Resmi, Penumpang Dari Negara China Dilarang Masuk Bandara Kualanamu Mulai Besok

Peraturan Menteri Luar Negeri tertanggal besok 5 Februari 2020 pukul 00.00 WIB, akan melakukan penghentian penerbangan dari dan menuju China.

Resmi, Penumpang Dari Negara China Dilarang Masuk Bandara Kualanamu Mulai Besok

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Peraturan Menteri Luar Negeri tertanggal besok 5 Februari 2020 pukul 00.00 WIB, akan melakukan penghentian penerbangan dari dan menuju China.

Peraturan Menteri ini juga akan diberlakukan di Bandara Internasional Kualanamu, Deliserdang untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I Khusus TPI Medan, Supartono menerangkan bahwa penghentian keberangkatan dan penerimaan warga China akan dilakukan sejak besok 5 Februari 2020.

"Kami menyampaikan peraturan menteri yang akan memberlakukan perhentian sementara untuk Warga Negara Tiongkok," kata Supartono kepada Tribun Medan, Selasa (4/2/2020).

"Untuk di bandara kita merujuk atau dari keputusan Permen nanti hasilnya akan kita teruskan ke anggota. Karena mulai pukul 00.00 nanti teman-teman di TPI bandara Kualanamu juga akan memberlakukan," sambungnya.

Pria yang akrab disapa Tono ini membeberkan, apabila ada pesawat yang mengangkut warga asal China yang mendarat di Bandara Kualanamu akan segera dihentikan.

"Bila ada pesawat yang datang dari luar negeri untuk warga negara Tiongkok setelah ada peraturan menteri nanti akan segera dihentikan sementara," jelasnya.

Ia mengungkapkan bahwa penerbangan dari China menuju Bandara Kualanamu mayoritas melakukan transit.

Namun, untuk para petugas imigrasi di Bandara juga akan dipersiapkan peralatan pengamanan Virus Corona dengan lengkap.

"Kebetulan penerbangan dari Tiongkok yang menuju ke Kualanamu ini sebagian besar transit melalui negara tetangga Kuala Lumpur dan Singapura" urainya.

"Antisipasi untuk petugas di Bandara Kualanamu setelah ada isu virus corona ini, saya perintahkan agar petugas yang ada konter bisa antisipasi penularan virus tersebut. Kita wajibkan memakai masker atau sarung tangan untuk menghindari penularan virus yang terbawa penumpang dari Tiongkok," pungkasnya.

(vic/tribunmedan.com)

Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: M.Andimaz Kahfi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved