Ahli Bahasa dalam Kasus Pencemaran Nama Baik Dinilai Berbelit-belit

Tansri Chandra alias Tan Ben Chong, Ketua Yayasan Sosial Lautan Mulia, didakwa melakukan penghinaan terhadap korban Tony Harsono.

Ahli Bahasa dalam Kasus Pencemaran Nama Baik Dinilai Berbelit-belit
Tribun Medan/Alif Al Qadri Harahap
Saksi ahli Anharudin Hutasuhut memberikan kesaksiannya di bawah sumpah dihadapan hakim, Rabu(5/2/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Tansri Chandra alias Tan Ben Chong (73) pemilik kampus IT&B, menjalani sidang kasus pencemaran nama baik melalui WhatsApp Group Rabu (5/2/2020).

Tan Ben Chong, Ketua Yayasan Sosial Lautan Mulia, didakwa melakukan penghinaan terhadap korban Tony Harsono.

Dalam sidang yang beragendakan keterangan Ahli, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Edmond N. Purba menghadirkan seorang saksi Ahli dari Balai Bahasa Sumatera Utara Anharudin Hutasuhut .

Anharudin menjelaskan kepada Hakim Ketua Erintuah Damanik, bahwasanya bahasa yang digunakan Tan Ben Chong tidaklah lazim digunakan.

"Yang saya tahu, dari kata-kata merampok uang itu adalah hal yang sangat tidak lazim. Kenapa yang mulia? Karena korban Tony Harsono belum terbukti telah merampok uang dari terdakwa," ujar Ahli.

"Berarti kalau dia memang perampok, boleh disebut perampok?" tanya Hakim.

"Tidaklah yang mulia, maaf sebelumnya. Bila mana seorang yang memang betul-betul pelacur, disebutkan kau pelacur. Pasti dia akan tersinggung yang mulia," balik Ahli.

JPU menyinggung isi tulisan yang dimuat oleh Tan Ben Chong di WhatsApp Group Yayasan Sosial Lautan Mulia apakah bisa dibenarkan dalam bahasa tersebut? 

"Tony harsono, wataknya prima, IQ tinggi, alias aseng tukang bakar, kalau pake dijalan jadi Profesor, merampok uang IT&B Rp 300 juta, kalau dilihat tampang nya seperti SUHU, dia tahu kalau uang ini Rp300 juta uang haram," papar JPU.

Apakah perkataan ini bisa dibenarkan?" tanya JPU ke ahli.

Halaman
123
Penulis: Alif Al Qadri Harahap
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved