Akhyar Uji Coba Lintasan Transportasi Massal Skema BTS yang Akan Dioperasikan

Uji coba BTS akan berlangsung selama satu tahun. Pada masa uji coba tersebut, masyarakat dapat menggunakannya secara gratis.

Akhyar Uji Coba Lintasan Transportasi Massal Skema BTS yang Akan Dioperasikan
DOK. Humas Pemerintah Kota Medan
Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution, melakukan uji coba lintasan transportasi massal skema Buy The Service (BTS), Rabu (6/2/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution, melakukan uji coba lintasan transportasi massal skema Buy The Service (BTS), Rabu (6/2/2020).

Uji coba dilakukan menyusul rencana pengoperasioan sistem BTS, di 81 unit bus Medan pada April mendatang.

Bus yang akan dioperasikan berkapasitas 19 seat, dan 15 orang untuk berdiri. Bus tersebut tidak memiliki kondektur. Hanya terdapat supir yang mengemudi.

“Moda transportasi ini berteknologi. Jadi setiap melintasi traffic light, lampu langsung berubah hijau sehingga bus tidak berhenti,” kata Akhyar, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Uji coba BTS akan berlangsung selama satu tahun. Pada masa uji coba tersebut, masyarakat dapat menggunakannya secara gratis.

“Meski demikian, untuk dapat menggunakannya masyarakat tetap harus memakai kartu e-money. Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat  agar terbiasa,” kata Akhyar.

Ketika beroperasi, secara tepat waktu bus akan berangkat setiap 10 menit sekali. Meski tidak ada penumpang, bus akan tetap berjalan dan berhenti di setiap halte atau bus stop. Kelak, bus skema BTS akan memiliki 400 halte atau bus stop.

“Tempat yang tidak dapat dibangun halte, menggunakan bus stop,” kata Akhyar.

Terdapat 5 lintasan koridor yang disiapkan untuk kelancaran BTS Medan. Koridor 1 melayani rute Terminal Pinang Baris-Lapangan Merdeka sepanjang 9,7 kilometer (km) dengan 46 buah halte dan 11 unit bus besar.

Koridor 2 melayani rute Lapangan Merdeka-Terminal Amplas dengan jarak sekitar 9,6 km dengan 56 halte dan 11 unit bus besar.

Halaman
12
Penulis: Inadha Rahma Nidya
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved