Berlatih Tinju Sejak Usia Dini, Zahra Ingin Bertekad Bela Sumut di PON 2024

Meski ajang akbar pekan olahraga Nasional (PON) tahun 2024 masih empat tahun lagi digelar, namun gaung pesta olahraga paling bergengsi

Berlatih Tinju Sejak Usia Dini, Zahra Ingin Bertekad Bela Sumut di PON 2024
Istimewa
Petinju muda asal kota Binjai Zahra Khairunnisa Harahap (kanan) bersama pelatihnya 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Meski ajang akbar pekan olahraga Nasional (PON) tahun 2024 masih empat tahun lagi digelar, namun gaung pesta olahraga paling bergengsi se-Indonesia tersebut sudah mulai menggema.

Hal ini tak lain dan tak bukan karena Sumatera Utara (Sumut) bakal menjadi tuan rumah ajang PON ke-XXI tersebut bersama Provinsi Aceh.
Para atlet muda potensial pun sudah mulai berlomba untuk mempersiapkan diri sejak dini. Mereka tentunya ingin bisa turut memperkuat kontingen Sumut pada PON 2024 itu.

Salah satunya adalah petinju putri bernama lengkap Zahra Khairunnisa Harahap. Petinju muda asal kota Binjai ini tentu merupakan aset berharga Sumut untuk PON 2024.

Di usianya yang masih menginjak 15 tahun, sejumlah prestasi mentereng sudah berhasil ditorehkannya.
Salah satunya mempersembahkan medali emas bagi tim Sumut pada event Kejuaraan Nasional (Kejurnas) tinju Junior-Youth tahun 2019 .

Petinju yang akrab disapa Zahra ini meraih emas di kelas 64 kg junior putri setelah berhasil menang angka atas petinju Aceh Yulia Sisilia. Hasil yang diraihnya itu turut melecut semangat dan percaya dirinya untuk eksis di dunia tinju.

Apalagi di ajang itu, Sumut berhasil Mengumpulkan total 58 poin dengan mendulang 8 keping emas, 6 perak, 12 perunggu dan berhak memboyong piala Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) sebagai juara umum.

Pelajar SMP Negeri 3 Binjai ini merasa bangga berhasil menjadi yang terbaik pada Kejurnas (Kejurnas) tinju Junior-Youth 2019 di Sumut. Tahun sebelumnya ia gagal melaju ke final pada ajang Kejurnas(Kejurnas) tinju Junior-Youth 2018 Bogor-Jawa Barat karena kalah angka dari petinju tuan rumah.

"Alhamdulillah luar biasa bisa meraih emas pada ajang Kejurnas lalu. Apalagi saya masih SMP merasa bangga bisa membesarkan nama Sumut. Hasil yang diraih juga sebagai evaluasi pada kejurnas tahun 2018 di Bogor yang gagal menuju final," ujarnya, Kamis sore (6/2/2020).

Petinju kelahiran 12 Desember 2005 ini menuturkan, mulai menggeluti olahraga yang terbilang keras ini sejak masih duduk di kelas 2 Sekolah Dasar. Dirinya mengatakan awal mulai bertinju dulu masih lebih banyak berlatih dengan memukul angin dan belajar teknik dari sang pelatih Taromar Harahap yang tidak lain adalah ayah kandungnya sendiri.

Barulah sejak kelas 5 Sekolah Dasar atlet yang dilahirkan di kota Rambutan ini mulai serius latihan dengan sparing partner.

Ke depan, Anak ke 4 dari 5 bersaudara ini pun bertekad untuk mengikuti jejak seniornya yang pernah menorehkan prestasi di PON yaitu Nurmala Deli, Siti Aisyah dan Sadarmawati Simbolon. Selain itu, dia juga ingin mengikuti jejak petunju Elisawati yang pernah berlaga hingga ajang SEA Games.

Petinju yang berdomisili di Jalan Raimin Binjai Timur ini mengatakan untuk target ke depan dapat menjadi bagian kontingen Sumut pada laga PON 2024 Sumut-Aceh. Tidak dipungkiri pesta olahraga tanah air yang digelar empat tahun sekali itu merupakan incaran para atlet demi mengharumkan daerahnya.Sang ibu Sumiati pun turut mendukung dan memberikan motivasi pada anaknya itu.

Namun, dia mengakui, untuk mewujudkan impiannya itu, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena itu, dia mengatakan selain dibarengi dengan kemauan keras persiapannya perlu dibarengi dengan disiplin dalam latihan. Dia pun berharap bisa sukses di PON nanti.

"Jadi harus disiplin latihan serta menambah jam terbang. Selain itu, kompetisi yang ketat dan selektif harus mampu dilewati untuk menjadi yang terbaik. Insya Allah impian menuju PON 2024 bisa terwujud untuk mengembalikan kejayaan Sumut di ranah tinju nasional," tutupnya.

(Cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved