Krisis Lahan Pemakaman Kristen di Pulau Rakyat, Tokoh Agama dan Adat Temui Bupati Asahan

Tokoh di Pulau Rakyat, Lincon Lumban Tobing menyebutkan, bahwa lahan perkuburan khusus umat Kristen di wilayahnya sangat memprihatinkan.

Krisis Lahan Pemakaman Kristen di Pulau Rakyat, Tokoh Agama dan Adat Temui Bupati Asahan
Dokumentasi Pemkab Asahan
Sejumlah tokoh adat dan agama Kristen di Kecamatan Pulau Rakyat menemui Bupati Asahan, Surya di kantor Pemkab Asahan, Kamis (6/2/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Sejumlah tokoh adat dan tokoh agama Kristen di Kecamatan Pulau Rakyat mendatangi Kantor Bupati Asahan untuk bertemu dengan orang nomor satu di Kabupaten Asahan, Kamis (6/2/2020).

Kedatangan sejumlah tokoh dari Kecamatan Pulau Rakyat itu untuk menyampaikan kondisi lahan pekuburan umat Nasrani yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka.

Perwakilan tokoh adat dan agama Kristen di Pulau Rakyat, Lincon Lumban Tobing menyebutkan, bahwa lahan perkuburan khusus umat Kristen di wilayahnya sangat memprihatinkan.

"Kondisi tanah pekuburan Nasrani yang ada di Kecamatan Pulau Rakyat tepatnya di Jalinsum Sungai Piring - Sibayak dan Desa Rahuning II, khususnya di Dusun III kondisinya sudah sangat padat serta letaknya berada di pinggiran Sungai Asahan, saat ini mengalami Longsor," jelas Lincon, Kamis.

Lebih lanjut, Lincon berharap Pemkab Asahan bisa memberikan solusi terhadap keresahan masyarakat Nasrani di Pulau Rakyat dan menindaklanjuti keluhan tersebut.

"Dari pertemuan ini kami harap ada solusi dari Pemkab Asahan," sebutnya.

Bupati Asahan Surya menyatakan akan meminta Camat Pulau Rakyat untuk berkoordinasi dengan PT Lonsum Perkebunan Gunung Melayu. Sebab lokasi pekuburan berbatasan dengan perusahaan perkebunan swasta tersebut.

Upaya lainnya, Pemkab Asahan akan mencarikan lahan baru yang bisa digunakan untuk lokasi pekuburan bagi umat Nasrani.

"Pemkab akan mencarikan solusinya dengan berkoodinasi dengan sejumlah elemen. Harapannya pengadaan lahan pekuburan di sana bisa terealisasi, demi kepentingan masyarakat secara umum utamanya Warga Nasrani yang ada di Kecamatan Pulau Rakyat," ucap Surya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved