News Video

Malaysia Perkenalkan Wisata Halal ke Pengusaha Asal Medan

Malaysia kian gencar mempromosikan negaranya ke kancah internasional termasuk kepada para pengusaha di Medan

T R I B U N-MEDAN.COM - Malaysia kian gencar mempromosikan negaranya ke kancah internasional.

Berkenaan hal ini, Malaysia mengadakan silaturahmi kepada para pengusaha Sumatra Utara di Ballroom Santika Dyandra Hotel Medan, Kamis (6/2/2020).

Kegiatan silaturahmi ini bertujuan untuk mensosialisasikan kegiatan 17th Malaysia Internasional Halal Showcase (MIHAS) 2020 yang akan diselenggarakan pada 1-4 April 2020 di MITEC, Kuala Lumpur, Malaysia mendatang.

Trade Comissioner Malaysia External Trade Development, Harman Ahmad mengungkapkan, bahwa acara silaturahmi dengan pengusaha medan ini untuk menginformasikan kepada pebisnis Medan mengenai acara MIHAS 2020.

"Acara ini untuk menginformasikan peluang yang dapat diikuti oleh pengusaha Medan di Kuala Lumpur melalui partisipasi di MIHAS ini. Biasanya tiap tahun kita bawa pembeli dari Indonesia khususnya Medan. Mungkin disebabkan dengan size yang lebih besar, kami agar lebih agresif dalam mempromosikan," ujar Harman Ahmad

Senada dengan Harman Ahmad, Konsulat Jenderal Malaysia untuk Medan, Tuan Ayub Komar, mendukung penuh sosialisasi terhadap acara MIHAS mendatang.

Ia menuturkan bahwa akan terus melakukan bekerjasama dengan pengusaha yang ada di Sumatra Utara.

"Kami berharap tinggi untuk mendapatkan partisipasi dari perusahaan medan di medan dan dari Sumatra Utara. Inilah targetnya agar dapat kami laksanakan. Kami akan terus mendapatkan partisipasi dari KADIN di Sumatra Utara dan di Medan," tutur Ayub.

Acara yang dihadiri oleh puluhan pengusaha ini berasal dari berbagai perusahaan baik dalam bidang kuliner ataupun barang ataupun jasa di antaranya PT Stara Bintang Surya, Adabi, Kamar Dagang dan Industri (KADIN), IPEMI, PT Karya Bahari Sejahtera dan Socfindo.

Malaysia Internasional Halal Showcase (MIHAS) 2020 ini merupakan festival bagi para pelaku bisnis dan sudah diselenggarakan sejak tahun 2005 dengan mengedepankan 10 sektor diantaranya kuliner, fashion, dan wisata.

MIHAS sendiri sudah meraih berbagai penghargaan diantaranya Largest Halal Trade Fair in Malaysia by Malaysia Book Records di tahun 2017.

Direktur Eksekutif Kamar Dagang dan Industri Medan, Hendra Utama, menyambut baik adanya usaha kerjasama dan kolaborasi antara malaysia dan pengusaha di Indonesia.

"Sekarang ini Malaysia gencar sekali mempromosikan makanan halal di Asia. Di Indonesia sendiri memang masih baru untuk bersama-sama berkolaborasi dengan pihak Malaysia karena kita yakin bahwa tanpa kolaborasi akan sulit berkembang makanan halal ini di Asia. Kolaborasi ini kita harapkan Malaysia mau berinvestasi agar sama-sama menyusun rencana agar pasar halal ini dapat tembus di Asia," tutur Hendra.

Agenda dalam MIHAS nanti, selain sebagai mempromosikan karya, akan ada sharing session, di antaranya Trade Talks, Halal in Travel, Food Tech Forum dan Halal Market Insights yang kedepannya diharapkan oleh Malaysia mampu memberikan ilmu dan pengetahuan terhadap industri Halal.

(cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Hendrik Naipospos
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved