Pemkot Medan Upayakan Gula Kristal Rafinasi Didistribusikan karena Bantu Pelaku UMKM

GKR sangat membantu pelaku umkm makanan dan minuman karena bisa meminimalkan biaya produksi.

Pemkot Medan Upayakan Gula Kristal Rafinasi Didistribusikan karena Bantu Pelaku UMKM
Dok. Humas Pemkot Medan
Rapat Pembahasan Penunjukkan Koperasi Distributor GKR di Kantor Gubernur Sumut 

TRIBUN-MEDAN.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Medan melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan menyambut baik adanya gula kristal rafinasi (GKR).

Pemkot Medan juga berharap agar pendistribusian gula dari Kementerian Perdagangan RI ke wilayah Sumatera Utara (Sumut) itu, termasuk Kota Medan dapat segera terealisasi.

GKR dapat membantu pelaku UMKM untuk memenuhi bahan baku utama, khususnya di usaha makanan dan minuman buat meminimalkan biaya produksi.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution diwakili Kepala Dinas (Kadis) Koperasi dan UMKM Kota Medan Edliyati menyampaikan harapan itu saat Rapat Pembahasan Penunjukkan Koperasi Distributor GKR di Kantor Gubernur Sumut, Kamis (6/2/2020).

Rapat juga diikuti perwakilan dinas terkait dari Kota Binjai, Siantar, Tebing Tinggi, Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Kabupaten Batu Bara.

Koordinasi dengan tingkat pusat

Menurut Edliyati, Pemkot Medan telah berupaya hingga ke tingkat pusat agar GKR dapat segera terdistribusi.

"Atas instruksi Bapak Plt Wali Kota, kami langsung berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait hal itu,” ujar dia dalam keterangan tertulis

Namun, imbuh Edliyati, untuk mendapatkan GKR dibutuhkan berbagai persyaratan yang telah ditentukan, termasuk adanya koperasi yang nantinya akan menaungi pelaku UMKM tersebut.

Ia melanjutkan, saat ini Pemkot Medan belum bisa menerima distribusi GKR karena satu syarat, yakni menggelar rapat anggota tahunan (RAT) oleh koperasi terdaftar belum terpenuhi.

Halaman
12
Penulis: Anggara Wikan Prasetya
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved