28 Cabang Olahraga Diusulkan untuk PON 2024 Aceh-Sumut

KONI Sumut dan KONI Aceh mengusulkan 28 cabang olahraga untuk dipertandingkan pada PON 2024 .

28 Cabang Olahraga Diusulkan untuk PON 2024 Aceh-Sumut
Tribun Medan Sofyan Akbar
Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sumut, Mesnan. 

TRIBUN-MEDAN.com - KONI Sumut dan KONI Aceh mengusulkan 28 cabang olahraga untuk dipertandingkan pada PON 2024 .

"Kita sudah bertemu mereka dan membicarakan cabor mana saja yang akan dipertandingkan saat kita menjadi tuan rumah,"kata Ketua bidang pembinaan prestasi KONI Sumut, Mesnan, Senin (10/2/2020).

Menurutnya, KONI Sumut dan KONI Aceh sudah sepakat untuk mempertandingkan 28 cabor untuk PON 2024.

"Sudah beberapa kali kami melakukan pertemuan, makanya bisa kita putuskan masing-masing ada 28 cabor, baik Sumut maupun Aceh,"ujarnya.

Begitupun, keputusan berada di tangan KONI Pusat.

"Nanti ada Kepres yang menetapkan kita sebagai tuan rumah. Berdasarkan itu nanti KONI pusat mengesahkan masing-masing 28 cabor di Sumut dan Aceh. 28 cabor ini merupakan cabor unggulan kita, KONI Sumut," terangnya.

Sport Centre Sumut Senilai Rp7,8 Triliun di Batangkuis Mulai Dibangun Februari

Ia menyakini, tidak akan terjadi seperti Papua di mana dari 47 cabor yang diusulak, hanya 37 cabor yang dipertandinkan. Karena, katanya, kalau Sumut selalu komitmen dan pemerintah Sumut sudah memfasilitasi 28 cabor yang sudah dipilih.

"Kalau kita lihat dari Sport Center yang akan dibangun, sudah hampir semua terpenuhi. Kecuali ski air dan dayung. Karena itu berhubungan dengan air. Begitu juga dengan renang perairan terbuka. Maka dari itu, untuk cabor yang berhubungan dengan air, kita akan mengambil di Danau Toba,"jelasnya.

Mungkin, sambungnya, akses jalan sudah terbenahi dengan adanya jalan tol sehingga nantinya jalur ke danau Toba bisa sangat cepat dari biasa.

Sport Centre Sumatera Utara
Sport Centre Sumatera Utara (Youtube/Stadium Infrastructure)

"2021 tol sampai Prapat, mudah-mudahan. Harapan kita Sport Center selesai 2023 . Jadi bisa kita gunakan 2024, mudah-mudahan. Biar saat kita menjadi tuan rumah, semua fasilitas sudah memadai," harapnya.

Mengenai 28 cabor yang akan dipertandingkan saat PON 2024, yakni, cabor akuatik, balap sepeda, bermotor, sepatu roda, bulu tangkis, bola voli, catur, cricket, hockey, futsal, squash, tenis meja, gate ball, petanque, dan korfball (bola keranjang).

Kemudian, kabaddi, gulat, karate, pencak silat, tinju, taekwondo, wushu, biliard, bowling, dansa, drumband, senam, dan ski air.

(akb/tribun-medan.com)

Penulis: Sofyan akbar
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved