Jadi Tuan Rumah PON 2024, Sumut Siap Pertandingkan 28 Cabang Olahraga

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut pada PON 2024 akan mempertandingkan 28 cabang olahraga (Cabor)

Jadi Tuan Rumah PON 2024, Sumut Siap Pertandingkan 28 Cabang Olahraga
TRIBUN MEDAN/SOFYAN AKBAR
Kepala Bidang (Kabid) Prestasi Olahraga Dispora Sumut, Joshua Sinurat, Senin (10/2/2020) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut pada PON 2024 akan mempertandingkan 28 cabang olahraga (Cabor) sebagai tuan rumah.

"Sekarang kita sedang mempersiapkan para atlet dari masing-masing cabor yang ada di Sumut," kata Kepala Bidang (Kabid) Prestasi Olahraga Dispora Sumut, Joshua Sinurat saat disambangi di ruang kerjanya, Senin (10/2/2020).

Ia mengatakan pada PON 2024 Sumut-Aceh akan mempertandingkan 56 cabor di mana masing-masing tuan rumah menyiapkan 28 cabor yang akan dipertandingkan pada event empat tahun sekali ini.

"Begitupun kita menunggu keputusan presiden (Kepres) RI Bapak Jokowi,"katanya.

Namun, kata Joshua, pihaknya belum bisa membeberkan 28 cabor ini mengingat masih menunggu Kepres. "Jangan dulu lah, kan masih empat tahun lagi. Sedangkan Papua saja, awalnya 47 cabor ini jadi 37 Cabor. Makanya kita menunggu kepres dulu,"ujarnya.

Ia mengaku, awalnya tuan rumah PON harus satu provinsi, namun sesuai PP Poin ke 7 menyatakan tuan rumah PON bisa diselenggarakan di dua provinsi.

Mengenai apakah pihak Dispora Sumut sudah mengetahui berapa jumlah atlet dari masing-masing cabor yang ada, Joshua menjelaskan pihaknya sudah menyurati 54 cabor dari KONI Sumut namun hanya 5 cabor yang memberikan data terkait klub olahraga mereka.

"Dari 33 kabupaten dan kota hanya tiga yang mengirimkan data-data klub mereka,"katanya.

Artinya, pihaknya dalam hal ini Dispora Sumut sangat sulit mengetahui berapa jumlah atlet dan berapa klub olahraga dari masing-masing cabor yang ada.

Padahal, akunya, dengan adanya data tersebut, Dispora Sumut akan bisa menentukan even apa yang bakal dibuat untuk memantapkan atlet dari masing-masing cabor yang ada.

Halaman
12
Penulis: Sofyan akbar
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved