Meninggal di Langkat, ABK Asal Korea Dipastikan Bukan Korban Virus Corona

Seorang Anak Buah Kapal (ABK) Sun Shine asal WNA Korea bernama Jung seungwon (21) yang meninggal pada dini hari, Senin (10/2/2020).

Meninggal di Langkat, ABK Asal Korea Dipastikan Bukan Korban Virus Corona
Tribun Medan/Victory Arrival Hutauruk
Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara Alwi Hasibuan (cokelat) saat memberikan keterangan tentang Anak Buah Kapal (ABK) Sun Shine asal WNA Korea bernama Jung seungwon. 

TRIBUN-MEDAN.com - Seorang Anak Buah Kapal (ABK) Sun Shine asal WNA Korea bernama Jung seungwon (21) yang meninggal pada dini hari, Senin (10/2/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Hasibuan menampik rumor yang beredar terkait dengan kematian ABK tersebut karena virus corona di atas kapal Sun Shine saat tengah berlayar menuju Qatar dari Batam.

"Yang bersangkutan meninggal dunia bukan karena penyakit karantina yang mana nCoV termasuk di dalamnya," tuturnya di Kantor Dinkes Sumut, Jalan HM. Yamin, Medan.

Alwi menerangkan bahwa kapal Sun Shine yang membawa anak buah kapal tersebut berangkat dari pPlabuhan Batam.

Sebelum berangkat, para anak buah kapal tersebut sudah melewati proses pengecekan kesehatan di pelabuhan Batam.

"Artinya kondisi kesehatan para anak buah kapal sudah clear," sambung Alwi.

Ia membeberkan selama dalam perjalanan menuju Qatar, kapal Sun Shine kemudian mengirimkan sinyal panggilan emergency ke otoritas pelabuhan di Pangkalan Susu terkait kondisi membutuhkan pertolongan.

Lalu mendapatkan panggilan emergency, otoritas pelabuhan kemudian mengirimkan kapal kecil yang berisi tim evakuasi.

"Namun sebelum berhasil dievakuasi, korban tersebut sudah meninggal dunia d iatas kapal tak lama setelah pertolongan pertama diberikan," tutur Alwi.

Dari hasil pemeriksaan awal dan melihat riwayat perjalanan dari ABK tersebut, Alwi menegaskan bahwa yang bersangkutan meninggal dunia bukan karena nCoV, namun karena dugaan serangan jantung.

Halaman
12
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved