Ujian CPNS Asahan Diikuti 3.722 Orang, Hanya 47 Persen Peserta Penuhi Passing Grade SKD

Ujian CPNS Asahan Diikuti 3.722 Orang, Hanya 47 Persen Peserta Penuhi Passing Grade SKD

Ujian CPNS Asahan Diikuti 3.722 Orang, Hanya 47 Persen Peserta Penuhi Passing Grade SKD
Tribun-Medan.com/Mustaqim Indra Jaya
Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Penilaian Kinerja Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Asahan, Ardiansyah Pane saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (10/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan telah usai pada Kamis (6/2/2020) lalu.

Dari total 4.162 orang pelamar yang mendaftar 120 formasi CPNS di Pemkab Asahan, terdapat 440 orang tidak hadir ke lokasi seleksi yang pelaksanaannya di Aula Dinas Pendidikan Asahan, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kisaran. Ujian SKD diketahui berlangsung selama empat hari mulai Senin (3/2/2020).

Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pemberhentian dan Penilaian Kinerja Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Asahan, Ardiansyah Pane menyebutkan, ujian CPNS yang dilaksanakan menggunakan metode Computer Assisted Tes (CAT). Nilai yang diperoleh setiap peserta langsung dapat diketahui dan dilihat melalui layar monitor yang berada di luar ruangan ujian.

"Yang capai passing grade, 47 persen dari total keseluruhan yang ikut ujian CPNS Pemkab Asahan," ungkap Ardiansyah, Senin (10/2/2020).

Ditetapkan Passing Grade pada ujian SKD penerimaan CPNS kali ini ditetapkan, 126 poin Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 poin Tes Intelegensia Umum (TIU) dan 65 poin Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

"Untuk Pemkab Asahan, tertinggi poinnya 422, atas nama Magda Ufik boru Sitorus. Nilai TWK 105, TIU 160 dan TKP 147," sebutnya.

Sementara itu, menurut Ardiansyah untuk tes wawancara bagi peserta yang dinyatakan lolos SKD, pelaksanaannya direncanakan pada Maret 2020 mendatang.

Peserta yang berhak mengikuti tes tersebut, sesuai ketentuan Badan Kepegawaian Negara (BKN) yaitu peringkat terbaik dari masing-masing formasi yang dilamar.

"Siapa aja yang berhak ikut seleksi lanjutan, kami kurang tahu. BKN lebih tahu. Tapi yang jelas, rumusnya menurut BKN yang ikut seleksi lanjutan, jumlah formasi dikali tiga. Dan harus berdasarkan ranking," jelasnya.

Diketahui Pemkab Asahan pada penerimaan CPNS kali ini membutuhkan 120 lowongan formasi, terdiri dari 119 tenaga teknis dan satu formasi tenaga kesehatan.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved