Breaking News:

Temui Gubernur Edy Rahmayadi, GMKI Bahas Solusi di Sumut

Pengurus Pusat GMKI Wilayah Sumut-NAD Gito M Pardede mengatakan pihaknya menyambangi Rumah Dinas Gubernur Sumut Edy Rahmayadi

Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar | Editor: Juang Naibaho
HO
Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Wilayah Sumut-NAD Gito M Pardede bertemu Edy Rahmayadi. 

Laporan Wartawan Tribun-Medan, Fatah Baginda Gorby

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Wilayah Sumut-NAD Gito M Pardede mengatakan pihaknya menyambangi Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di Jalan Jenderal Sudirman. Medan, Selasa (11/2/2020).

Kedatangan tersebut untuk diskusi dan membicarakan terkait wabah virus demam babi di Sumatera Utara.

Gito mengatakan permasalahan virus babi ini penting bagi masyarakat Sumut. Menurutnya status tersebut telah masuk kategori wabah.

"Permasalahan wabah ini sangat berat dan juga sangat sensitif dikarenakan peternak Babi cukup besar di Sumatera Utara. Sangat banyak masyarakat sumut terkhusus agama kristen yang menggantungkan perekonomian nya pada peternakan babi tradisional," katanya.

Gito mengatakan diperlukan adanya solusi bagi para peternak.

Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia, kata Gito, merilis data sebanyak 30 ribu babi di Sumatera Utara mati karena wabah flu babi Afrika.

"Harus ada komunikasi dan sosialisasi yang baik kepada peternak agar virus cepat ditangani dan setidaknya menurunkan statusnya dari wabah," ungkap gito.

Gito mengatakan agar dapat terkendali peternak jangan menambah populasi ternak babi sebelum ada vaksin, ternak atau daerah yang belum terjangkit sebaiknya diisolasi dan memperbaiki makanannya.

Pemerintah harus terlibat dalam memperlancar arus penjualan ternak hidup, serta penerapan biosekuriti (disposal, penguburan, standstill order, disinfeksi). Juga pengawasan lalu lintas peternakan babi dan produknya, pelarangan swill feeding, sosialisasi dan pelatihan.

Sementara itu, Gubernur Edy Rahmayadi menyambut baik solusi yang ditawarkan.

"Saya butuh masukan yang baik begini, nanti kita buat forum khusus untuk mencari solusi yang pas dalam waktu dekat, GMKI harus rancang itu," ungkap Edy.

(gov/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved