Ada Operasi Katarak Gratis di Kota Medan 15 Februari, Kuota Terbatas untuk 100 Orang

Ada Operasi Katarak Gratis di Kota Medan 15 Februari, Kuota Terbatas untuk 100 Orang

Ada Operasi Katarak Gratis di Kota Medan 15 Februari, Kuota Terbatas untuk 100 Orang
Tribun-Medan.com/Natalin Sinaga
Sekretaris AMCF (Asia Muslim Charity Foundation) Sumatera Utara (Sumut), Ahmad Afandi Surbakti didampingi kepala tim kesehatan, Tubagus. 

Ada Operasi Katarak Gratis di Kota Medan 15 Februari, Kuota Terbatas untuk 100 Orang

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Natalin

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Lembaga kemanusiaan Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) Sumatera Utara menggandeng sejumlah pihak untuk mengadakan bakti sosial operasi katarak secara gratis pada 15 Februari mendatang.

Pihak yang terlibat selain AMCF Sumut, yakni Dinas Kesehatan Sumut, Rumah Sakit Mata Mencirim Tujuh Tujuh (M77) dan juga Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Sumut.

Sekretaris AMCF Sumut, Ahmad Afandi Surbakti, MM mengatakan saat ini penderita katarak lebih kurang 2,4 juta jiwa di Indonesia dan meningkat satu persen setiap tahunnya.

"Hal ini mendorong kami dari pusat kemanusiaan AMCF Sumut untuk mengadakan kegiatan bakti sosial operasi katarak yang mana kegiatan akan kita laksanakan pada, Sabtu 15 Februari 2020," ucap Ahmad didampingi kepala tim kesehatan, Tubagus.

Ia menjelaskan pihaknya berupaya untuk menyusun rencana pelayanan terhadap pasien, untuk memastikan kenyamanan mereka, mulai dari proses pendaftaran ulang, pendampingan, penjelasan prosedur, proses operasi, dan pelayanan pascaoperasi.

"Teknologi yang digunakan dalam proses operasi akan digunakan teknologi dengan phacoemulsifikasi, yang membuat proses operasi menjadi cepat, mudah, aman dan tanpa jahitan. Sehingga pasien yang sudah dioperasi katarak dapat kembali mengerjakan aktivitas normal dalam waktu singkat," ujarnya.

Secara normal, proses operasi tersebut biasanya senilai Rp 20 juta, namun dalam kegiatan operasi seluruhnya gratis tanpa dikenakan biaya apapun.

"Bagi bapak-ibu sekalian yang memiliki tetangga yang mungkin membutuhkan silahkan sebarkan informasi ini barang kali, mereka membutuhkan akses layanan kesehatan gratis ini dalam bentuk operasi katarak dengan metode canggih, phacoemulsifikasi dalam proses penyembuhan dan juga minim luka," katanya.

Kata Ahmad, kegiatan operasi katarak ini terbatas untuk 100 peserta, dan hingga saat ini sudah ada 85 perserta yang sudah mendaftar.

"Bila ingin mendaftar silakan hubungi nomor 0858 0551 9856 diwhatapp, nanti tim kita akan langsung membalas dan peserta dapat melengkapi berkas berupa fotocopy KTP dan KK serta surat keterangan tidak mampu itu sangat mendukung dalam kegiatan ini," katanya.

AMCF Sumatera Utara, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, kebencanaan, dan kemanusian.

"Pusat kemanusian kita itu ada tiga pertama ada di Jawa Barat, Jawa Timur dan ini ketiga di Sumatera Utara, kita baru saja selesai membangun pusat kemanusian di Jalan Beo, Medan, kemungkinan kita akan meresmikan gedung itu pada tanggal 15 Februari nanti dan kemungkinan besar, bila tidak berhalangan pak gubernur juga akan langsung meresmikan gedung pusat kemanusian kita itu," katanya.

(nat/tribun-medan.com)

Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved