Sempat Tertawa-tawa di Ruang Sidang, Suami Istri Ini Langsung Menunduk Dituntut 12 Tahun Penjara

Sempat Tertawa-tawa di Ruang Sidang, Suami Istri Ini Langsung Menunduk Dituntut 12 Tahun Penjara

Sempat Tertawa-tawa di Ruang Sidang, Suami Istri Ini Langsung Menunduk Dituntut 12 Tahun Penjara
TRIBUN MEDAN/ALIF ALQADRI HARAHAP
Pasangan suami istri, Muhammad David dan Herlina Ritonga, tertunduk usai mendengarkan tuntutan yang dibacakan jaksa penuntut umum di Ruang Cakra V Pengadilan Negeri Medan, Rabu (12/2/2020). Pasutri itu dituntut 12 tahun penjara terkait kasus narkoba. 

Sempat Tertawa-tawa di Ruang Sidang, Suami Istri Ini Langsung Menunduk Dituntut 12 Tahun Penjara

PASANGAN suami istri, Muhammad David dan Herlina Ritonga, cuma bisa tertunduk usai mendengarkan tuntutan yang dibacakan jaksa penuntut umum di Ruang Cakra V Pengadilan Negeri Medan, Rabu (12/02/2020).

Padahal, sebelum persidangan dimulai terlihat pasutri yang terjerat kasus narkoba tersebut asyik bercanda dan tertawa-tawa di ruang sidang.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kharya Syaputra menuntut kedua terdakwa dengan 12 tahun penjara, denda Rp 1 miliar dan subsidair 6 bulan.

Mendengar tuntutan itu, pasutri tersebut hanya mampu menunduk dan menunjukan ekspresi rasa penyesalan.

"Dengan ini terdakwa Muhammad David dan Herlina telah melanggar pidana Pasal 114 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) UU RI No 35 Thun 2009 tentang Narkotika dan dijatuhkan hukuman 12 tahun penjara, denda 1 miliar, serta subsidair 6 bulan kurungan," ucap JPU di hadapan Majelis Hakim yang diketuai Syafril Batubara.

Setelah mendengarkan tuntutan JPU, Syafril Batubara menutup sidang dan akan dilanjutkan pada pekan depan dengan agenda pledoi atau nota pembelaan.

Dalam dakwaan JPU, disebutkan Herlina Ritonga dan Muhammad David diamankan di Jalan Brigjend Katamso, Kelurahan Kampung Baru, Medan Maimun, Kota Medan pada 9 Agustus 2019. Keduanya ditangkap di pinggir jalan.

Penangkapan keduanya merupakan pengembangan atas kasus narkoba yang menjerat Bambang Harianto (sidang terpisah).

Polisi yang mendapatkan informasi tentang Herlina Ritonga dan Muhammad David, kemudian melakukan pencarian.

Pada 9 Agustus 2019 sekira pukul 02.00 WIB di Jalan Brigjen Katamso, petugas berhasil menangkap Herlina Ritonga dan Muhammad David.

Polisi lantas melakukan penggeledahan di kediaman pasutri tersebut di Jalan Eka Surya Medan Johor tepatnya di Komplek Royal Monaco.

Hasilnya, polisi mendapatkan barang bukti 1 bungkus plastik klip berisi kristal putih berat 24 gram, 1 bungkus plastik klip berisi kristal putih berat 15 gram, dan 1 bungkus plastik klip berisi kristal putih dengan berat 13 gram.

Selain itu, ditemukan 17 butir tablet berwarna biru dan 6 butir tablet berwarna merah muda berbentuk Master Card, 12 butir tablet berwarna hijau, 10 butir tablet berwarna krem berbentuk ikan, dan 11 tablet berwarna kuning berbentuk minion.

(cr2/TRIBUN-MEDAN.com)

Penulis: Alif Al Qadri Harahap
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved