Angkut 44 TKI Ilegal, Polres Tanjungbalai Amankan Nakhoda dan ABK Kapal Motor

Petugas Sat Pol Air dan Sat Res Narkoba Polres Tanjungbalai mengamankan kapal pengangkut TKI ilegal di perairan Sungai Asahan.

Angkut 44 TKI Ilegal, Polres Tanjungbalai Amankan Nakhoda dan ABK Kapal Motor
Sat Pol Air Polres Tanjungbalai
Sebagian TKI ilegal dari 44 orang WNI yang datang dari Malaysia, saat berada di Mako Sat Pol Air Polres Tanjungbalai, Kamis (13/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, TANJUNGBALAI - Petugas Sat Pol Air dan Sat Res Narkoba Polres Tanjungbalai yang tengah patroli bersama di perairan Sungai Asahan pada Kamis (13/2/2020), memberhentikan satu unit kapal motor yang di dalamnya mengangkut puluhan orang.

Tindakan itu berawal dari kecurigaan petugas, sehingga polisi yang berada di atas di Kapal Patroli (KP) II 1023 dan KP II 1014 langsung mendekati kapal motor tanpa nama itu.

Petugas lalu menggiring kapal motor tersebut menuju dermaga Sat Pol Air Polres Tanjungbalai dan akhirnya berhasil bersandar pukul 11.15 WIB.

"Saat diperiksa di dalamya ada 44 orang Warga Negera Indonesia, datang dari Malaysia. Selain itu terdapat juga seorang nahkoda kapal beserta empat orang ABK," ucap Kapolres Tanjungbalai, AKBP Putu Yudha Prawira, Kamis.

Ketika dilakukan penggeledahan, dari atas kapal petugas tidak ada mendapati barang-barang ilegal yang mencurigakan.

Begitu juga dengan barang bawaan seluruh penumpang, tidak ada ditemukan narkoba maupun benda-benda berbahaya lainnya.

Setelah didata ternyata ke-44 orang WNI itu terdiri dari 33 orang laki-laki dan 11 orang perempuan yang sebelumnya bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI), tetapi tanpa dilengkapi dengan dokumen resmi berupa paspor.

"Seluruh penumpang masih kami mintai keretangan," ujarnya.

Sementara, itu nakhoda kapal motor yang membawa 44 orang TKI ilegal yaitu Didut (45) warga Jalan Siak, Gang Pokat, Kecamatan Siantar Utara, Pematangsiantar dan empat buah anak buah kapal masil menjalani pemeriksaan intensif di kantor Sat Pol Air Polres Tanjungbalai.

"Rencananya 44 orang TKI ilegal akan dibawa ke kantor Imigrasi Tanjungbalai, untuk diproses secara keimigrasian," sebut mantan Kasubdit Tipokor Polda Sumut itu.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved